SOLOPOS.COM - Tiga pencopet diamankan di Mapolsek pasar Kliwon, Solo, Senin (4/2/2013). Kawanan tersebut beraksi saat konser musik Noah di Alun Alun Utara, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (2/2/2013) lalu. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Tiga pencopet diamankan di Mapolsek pasar Kliwon, Solo, Senin (4/2/2013). Kawanan tersebut beraksi saat konser musik Noah di Alun Alun Utara, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (2/2/2013) lalu. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO — Tiga tersangka kasus pencopetan, Senin (4/2/2013), meringkuk di tahanan Mapolsek Pasar Kliwon. Pelaku copet spesialis konser itu tertangkap sesaat setelah beraksi di Alun-Alun Utara, Sabtu (2/2/2013) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, malam itu grup band Noah yang digawangi mantan vokalis Peterpan, Ariel, tampil di hadapan penggemarnya. Tak hanya personel Noah dan penggelar acara yang berbahagia lantaran penonton konser itu membeludak. Kawanan copet spesialis konser pun menyambut riang.

Mereka rela datang dari Jawa Timur untuk melancarkan aksi. Para tersangka mulai membidik barang pengunjung sejak konser diumumkan di beberapa media, termasuk via televisi. “Kami lihat dari TV, jadwal konser Noah,” kata salah satu tersangka, Arfi Ardyana, 23, warga Jl Kolonel Sugiyono Gang V No 33 Kelurahan Kedung Kandang, Kecamatan Kedung Kandang, Malang, kepada wartawan di Mapolsek Pasar Kliwon, Senin.

Arfi menerangkan berangkat dengan sejumlah rekannya dengan bus menuju Solo. Mereka yang beranggotakan delapan orang itu tiba di Kota Bengawan Sabtu siang.

“Saya juga ambil,” tambah dia.

Satu tersangka lagi diketahui beralamat sama dengan alamat Arfi. Dia adalah Junaidi, 24. Satu lagi tersangka yang ditahan di Mapolsek Pasar Kliwon adalah Andi Lasmono, 41, warga Putat Jaya C Barat R 001/RW 003, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya.

Kasi Humas Polsek Pasar Kliwon, Aiptu Suparman menerangkan tersangka tertangkap di kawasan Pucang Sawit, Jebres. Saat itu, mereka tengah berkumpul membagikan hasil copetan, yakni 14 buah handphone (HP).

“Kerja sama dengan jajaran Polsek Jebres, kami menangkap tiga pelaku. Sementara yang lainnya melarikan diri,” kata dia kepada wartawan, mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Asjima’in, Kapolsek Pasar Kliwon AKP Parni Handoko dan Kanitreskrim Polsek Pasar Kliwon Iptu Teguh Sujadi.

Aksi tersangka itu dikuatkan oleh laporan Ripto Budiyono, 18, warga Sukorejo, Tanjungsari, Tirtomoyo, Wonogiri. HP penonton konser Noah itu raib dari saku celana.

“Di pintu masuk konser, korban mendengar teriakan copet-copet. Setelah mengecek HP di saku ternyata sudah hilang. Kerugian HP senilai Rp375.000. Total barang bukti adalah tiga unit HP, ” tambah Suparman.

Dia menjelaskan para pelaku memanfaatkan kondisi Alun-Alun Utara yang dipadati pengunjung konser. Mereka melancarkan aksi di saat konsentrasi para korban terkuras lantaran berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Akibat perbuatan itu, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya