SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani (JIBI/dok)

Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani (Tika Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI--Jajaran kepolisian di Wonogiri memperketat pengamanan di objek wisata dan gereja selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2013. Sedikitnya 350 petugas dikerahkan untuk pengamanan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pengamanan bertajuk Operasi Lilin 2012 tersebut dilaksanakan selama 10 hari, mulai Minggu (23/12) hingga Selasa (1/1).

Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani, mengatakan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 dilakukan dengan mengerahkan 270 personil Polres Wonogiri dan 80 orang lain dari pihak terkait, mulai dari TNI, palang merah remaja (PMR), Pramuka dan lain-lain.  Ratusan petugas disebar di titik-titik kerawanan, yaitu objek wisata dan gereja.

Objek wisata dimaksud seperti Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM). Sedangkan gereja, pengamanan menyebar di 116 gereja di Wonogiri. Salah satu gereja yang menjadi perhatian adalah Gereja Katolik ST Yohanes Rasul, di sebelah timur Kompleks Kantor Pemkab Wonogiri.

“Gereja dengan jemaah yang lebih banyak, menjadi fokus utama kami,” ungkap Tanti, saat ditemui wartawan seusai Gelar Pasukan Operasi Lilin 2012, di Alun-alun Wonogiri, Jumat (21/12/2012).

Khusus di gereja, Tanti menjelaskan polisi akan melakukan pengamanan berlapis. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan aksi teror yang mengincar tempat ibadah. Sebelum kegiatan peribadatan, petugas akan mensterilkan gereja. Berikutnya, setelah ditetapkan aman, petugas menyerahkan kendali kepada panitia penyelenggara ibadah secara resmi. Meskipun telah diserahkan, sepanjang acara peribadatan polisi masih akan berjaga.

Di luar pengamanan khusus tersebut, Polres Wonogiri juga meningkatkan penjagaan di kawasan perbatasan dan di tengah kota. Hal itu dilakukan dengan membangun pos pengamanan (pospam) di empat titik perbatasan dan satu pos pelayanan (posyan) di depan Pasar Kota Wonogiri.

Lebih jauh, kelancaran lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru juga menjadi perhatian jajaran kepolisian. Kasatlantas Wonogiri, AKP Sugiyatmo, mengungkapkan petugas akan melakukan penjagaan khusus di titik-titik rawan kecelakaan dan kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya