Polisi Mendominasi Hari Pertama Vaksinasi Tahap II Di Wonogiri
Proses vaksinasi yang menyasar kepada petugas pelayanan publik Wonogiri di Gedung Giri Wahana Kompleks Gor Giri Mandala Wonogiri, Selasa (23/2). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Pemkab Wonogiri menargetkan hari pertama ada 1.000 warga yang menerima vaksin Covid-19 pada vaksinasi tahap II, Selasa (23/2/2021) ini. Di hari pertama ini, sasaran yang divaksin kebanyakan polisi.

Penyuntikan yang akan berlangsung hingga Jumat (26/2/2021) ini dipusatkan di  Gedung Giri Wahana Kompleks Gor Giri Mandala Wonogiri.  Jumlah sasaran sebanyak 4.250 orang. Adapun waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Pantauan Solopos.com di lokasi vaksinasi, hari itu ada sekitar 370 polisi yang divaksin. Selain anggota Polres Wonogiri, sasaran lain yang divaksin hari ini adalah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja. Kemudian petugas Rutan Kelas II B Wonogiri dan petugas Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Baca juga: Rel Layang Joglo Solo Solusi Atasi Macet dengan Ongkos Murah?

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua itu dibentuk tim vaksinator gabungan. Unsur  tim meliputi tenaga kesehatan semua rumah sakit di Wonogiri, Dinkes, Puskesmas serta petugas dari fasilitas kesehatan TNI dan Polri.

"Kami membagi menjadi enam tim. Setiap tim ada tujuh petugas atau vaksinator. Tim gabungan ini dibentuk untuk memperlancar vaksinasi petugas pelayanan publik," kata Adhi.

Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing mengatakan semua anggotanya akan divaksin secara bertahap yang dibagi menjadi dua hari, yakni Selasa dan Rabu (24/2). Total ada 736 personel yang siap divaksin.

"Karena anggota kami cukup banyak maka dibagi menjadi dua hari. Seluruh anggota siap divaksin kecuali ada anggota yang tidak lolos screening petugas. Kalau ada yang tidak memenuhi persyaratan, nanti dari Dinkes akan memberi data ke kami," kata dia.

Baca juga: Bea Cukai Surakarta Sita 3,79 Juta Rokok Ilegal Dalam Sepekan, Nilainya Rp2,5 Miliar

Jadi Contoh

Tobing berharap vaksinasi para polisi ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat. Tobing sendiri sudah divaksin beberapa waktu lalu bersama Forkopimda Wonogiri dalam vaksinasi tahap I. Ia menjadi polisi Wonogiri yang kali pertama disuntik vaksin Covid-19.

"Kami sangat mendukung langkah ini dan semua lapisan harus mendukung. Tujuannya agar segala sesuatunya bisa segera pulih, khususnya di Wonogiri. Masyarakat harus mendapat pemahaman bahwa vaksin ini aman dan halal. Buktinya saya sampai saat ini sehat kan," kata dia.

Dalam proses vaksinasi, Tobing mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengamanan. Selain itu pihaknya juga mengerahkan anggota sebagai petugas dalam vaksinasi. Mulai dari membantu registrasi hingga menjadi vaksinator jika dibutuhkan. "Sudah kami koordinasikan dengan Dinkes. Semua sudah dilatih terlebih dahulu," kata Tobing.

Baca juga: Kapolda Jateng Puji Posko PPKM Gayam Sukoharjo Karena Mampu Tekan Kasus Corona

Sebanyak 1.000 vial vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Wonogiri dari Semarang pada Senin (22/2) malam. Selain itu juga ada 100.000 alat suntik yang juga diterima.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom