SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya mengungkapkan jenis senjata api yang digunakan pelaku penembakan di flyover Slipi Jakarta Barat pada saat kerusuhan 21-22 Mei adalah jenis Glock 42.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan jenis senjata api tersebut berhasil diketahui tim penyidik setelah pelaku penembakan tertangkap kamera CCTV di sekitar lokasi flyover Slipi, Jakarta Barat.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Menurutnya, senjata Glock 42 berwarna hitam yang dibawa pelaku itu disembunyikan di balik pakaian pelaku dan membuat sejumlah orang tewas pada aksi kerusuhan 21-22 Mei kemarin. “Berdasarkan hasil penyidikan Dit Krimum Polda Metro Jaya, diduga senjata api itu jenis Glock 42,” tuturnya, Senin (8/7/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Secara terpisah, Ketua Perbakin DKI Jakarta, Setyo Wasisto, menjelaskan bahwa senjata api Glock 42 merupakan senjata pabrikan yang berisi 6 peluru tajam dengan kaliber 9 milimeter. Menurut Setyo, senjata api jenis Glock 42 tersebut sudah jarang dipergunakan baik untuk olahraga maupun bela diri di Indonesia.

“Itu senjata pabrikan, isinya sekitar 6 peluru. Tapi sudah jarang digunakan. Di Perbakin tidak pakai jenis senjata itu, apalagi untuk beladiri,” katanya.

Menurut Setyo, jenis senjata api Glock 42 memiliki ukuran yang kecil dan mudah disembunyikan oleh pelaku di mana pun. Setyo menjelaskan, senjata api yang biasanya digunakan untuk olahraga dan beladiri yaitu Glock 15- Glock 19 dengan kaliber 22-32 milimeter.

“Baintelkam Polri seharusnya memiliki data siapa yang punya senjata Glock 42 itu, karena prosedur untuk membeli senjata api harus melalui Perbakin dan Baintelkam Polri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya