SOLOPOS.COM - Salah satu muazin Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Briptu Muchtar Asnawi Fathur Rohman (kanan) berfoto dengan Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo di depan masjid, Jumat (12/3/2022). (Solopos.com/Akhmad Luidyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Masjid Agung Madaniyah Karanganyar sudah mulai difungsikan untuk beribadah sejak Jumat (11/3/2022). Pemkab Karanganyar sebagai pemilik masjid ini memulainya dengan pelaksanaan ibadah salat Jumat berjamaah.

Ibadah pekanan bagi umat Islam kali ini terasa istimewa. Sebab khatib pada siang itu adalah Juliyatmono yang juga Bupati Karanganyar. Saat itu ia menyampaikan khutbah tentang kesabaran dan kerendahan hati dalam menghadapi cobaan-cobaan di dalam hidup.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Seusai Juliyatmono berkhutbah, ibadah dilanjutkan dengan salat Jumat berjamaah yang diimami oleh Juwari, warga Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Jokowi Urung Resmikan Masjid Agung Karanganyar, Bupati Legawa

Di sisi lain, ibadah salat Jumat ini sebelumnya didahului dengan azan. Suara azan yang mirip dengan alunan Sheikh Ali Mulla, muadzin di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi ini terdengar merdu dari pengeras suara masjid.

Suara merdu ini ternyata dilantunkan Muchtar Asnawi Fathur Rohman, salah satu muazin baru di masjid tersebut hasil seleksi. Pemkab  menggelar seleksi muazin dan imam Masjid Agung Madaniyah Karanganyar beberapa waktu lalu.

Ia ditunjuk langsung oleh Bupati Juliyatmono sebagai muazin pada salat Jumat perdana di Masjid Agung Madaniyah tersebut. “Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya menjadi muazin pada salat Jumat perdana di masjid ini,” ujar anggota Polres Karanganyar berpangkat brigadir polisi satu (briptu), Sabtu (12/3/2022).

Lajang kelahiran Karanganyar, 31 Juli 1997 ini mengungkapkan bahwa ia memilih alunan Sheikh Ali Mulla karena terdengar lembut dan merdu.

Baca Juga: Salat Jumat Perdana di Masjid Agung Karanganyar, Bupati Jadi Khotib

Ikut Lomba Azan

Di sisi lain, bakat sebagai muazin ini sudah Asnawi rasakan sejak kecil. Pada saat ia duduk di bangku MI Negeri (MIN) Sroyo, Jaten, Karanganyar ia sempat mengikuti lomba azan di Masjid Agung Karanganyar tersebut. “Waktu kecil, saya pernah ikut lomba azan tingkat kabupaten mewakili Kecamatan Kebakkramat. Lokasinya ya di Masjid Agung Karanganyar, tapi saya tidak menang,” ujar alumni SMPN 2 Tengaran dan MA Nurul Huda Sragen ini.

Warga Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, ini menambahkan saat sudah besar timbul keinginan untuk mengikuti seleksi muazin Masjid Agung Karanganyar. Kali ini ia terpilih di antara 10 orang peserta yang mengikuti seleksi itu. “Untuk muazin yang ikut seleksi sepuluh orang dan yang lolos delapan orang, termasuk saya,” imbun alumnus SPN Polda Jawa Tengah Angkatan 2015 ini.

“Motivasi saya ikut seleksi ini yang pertama adalah meninggikan kalimat Allah dan bentuk partisipasi Polri kepada pemerintahan khususnya di Pemkab Karanganyar,” imbuh Asnawi yang sudah menyelesaikan pendidikan S-1 di Universitas NU (UNU) Solo ini.

Baca Juga: Penampakan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar yang Mirip Masjid Nabawi

Ia mengaku sudah meminta izin kepada Kapolres Karanganyar yang menjabat saat itu, AKBP Muchammad Syafi’ Maulla, untuk mengikuti seleksi muazin. Kini setelah ia lolos seleksi, Kapolres Karanganyar sudah berganti AKBP Danang Kuswoyo.

“Saya tetap akan menyampaikan SK Bupati tentang muazin ini kepada Kapolres yang sekarang, AKBP Danang Kuswoyo,” kata Asnawi yang kini tengah menempuh pendidikan Pascasarjana di UNU Solo.

Sementara itu, Kapolres mengatakan pihaknya mendukung penuh anggotanya sebagai muazin di Masjid Agung tersebut. “Kami bangga dan mendukung anggota kami sebagai muazin di Masjid Agung Karanganyar ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya