SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Meskipun dibayangi hujan, perayaan malam tahun baru di Kulonprogo diperkirakan berlangsung aman. Selain situasi yang kondusif di masyarakat, hanya terdapat tiga titik keramaian saat perayaan tersebut digelar. Meski begitu, Polres Kulonprogo tetap siaga untuk mengamankan pergantian tahun tersebut.

Menurut Kasatlantas Kulonprogo, AKP Dedi Surya Dharma, khusus liburan Natal dan Tahun Baru 2012 tidak ada kebijakan pengalihan arus yang dilakukan. Hingga kini, tambah Dedi, meski pun volume kendaraan terjadi peningkatan, namun arus lalu lintas masih normal dan kondusif.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Dedi menambahan, untuk pengamanan selama liburan akhir tahun, pihaknya menerjunkan sedikitnya 175 personel dari semua satuan.  Seluruh personel tersebut akan menjaga tiga titik perayaan malam tahun baru, baik di Alun-alun Wates, Waduk Sermo dan Pantai Glagah di mana konsentrasi kendaraan banyak menuju ke wilayah tersebut.

“Berbeda dengan kebijakan di Jogja, untuk Kulonprogo memang tidak sampai ada pengalihan arus. Sampai saat ini, suasana kondusif dan lancar,” ungkap Dedi saat ditemui di kantornya, Jum’at (30/12).

Untuk menekan angka kecelakaan, Satlantas Kulonprogo akan meminta Dishubkominfo untuk menyediakan tambahan rambu di sejumlah titik rawan kecelakaan. Pasalnya, selama Desember ini terdapat tika kasus kecelakaan yang menyebabkan satu korban tewas, dua luka berat dan sisanya luka ringan.

“Secara umum, perilaku berkendara masyarakat Kulonprogo baik. Namun, kecelakaan yang terjadi karena banyak faktor, semisal situasi saat, kendaraan yang dinaiki dan kondisi jalan. Oleh karenanya, kami akan bekerjasama dengan Dishubkominfo untuk menambah rambu-rambu lalu lintas di wilayah rawan kecelakaan,” tandas dia.

Sekedar diketahui, hingga Desember 2011 lebih dari 355 kasus kecelakaan di Kulonprogo. Dari jumlah tersebut, lebih dari 55 korban meninggal dunia, 31 orang luka berat dan 606 orang luka ringan dengan kerugian material kurang lebih Rp209 juta.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya