Ari Sigit (berbaju merah muda) saat tiba di Mapolda Jatim, Rabu (22/1/2020). (detik.com)

Solopos.com, SURABAYA -- Cucu mantan Presiden Soeharto, Ari Haryo Sigit alias Ari Sigit (AHS), akhirnya mendatangi Polda Jatim untuk diperiksa terkait kasus investasi bodong MeMiles, Rabu (22/1/2020). Namun tidak dengan Frederica Francisca Callebaut (istri AHS) dan Ilsye Aneke Ratnawati (istri Sigit Hardjojudanto, anak kedua Soeharto yang juga ayah dari Ari Sigit) yang sejatinya juga dipanggil pada hari yang sama.

Di saat bersamaan, polisi menyita dua mobil mewah milik keluarga Cendana itu yang merupakan reward dari MeMiles. Dua mobil mewah yang tidak disebutkan merek dan jenisnya ini tengah dalam perjalanan menuju Polda Jatim dari rumah Ari Sigit.

"Nah hari ini bersamaan AHS tadi malam sudah meluncur dua kendaraan mewah, mungkin jam 12.00 WIB ini sampai," kata Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, di Mapolda.

Sementara untuk total aset uang yang disita terkait MeMiles, Luki menyebut pihaknya telah menyita Rp 128,4 miliar. Aset uang ini akan terus bertambah. "Aset member terus kami telusuri, karena kemarin per hari Selasa [21/1/2020] itu sudah Rp 128,4 M. Insyaallah akan bertambah terus. Karena tim kami menyebar menelusuri para orang-orang yang terkait yang sedang kami dalami di dalam digital forensik," jelas Kapolda.

Dari hasil pemeriksaan Aris Sigit, polisi mendapati fakta anyar bahwa AHS tidak menjadi member maupun pengelola MeMiles. Namun, ada aliran dana dan reward yang diterima Ari Sigit.

Kapolda mengaku heran apa peran Ari Sigit sehingga menerima aliran dana dan reward. Saat disinggung berapa besar aliran dana tersebut, Luki masih enggan memerincinya.

"Nah, inilah yang kami tangani berapa aliran dana yang diterima dan sebagai apa. Namun di dalam ini tidak ada sebagai member, tidak top up, tapi ada aliran dana masuk," lanjutnya.

Luki menyebut yang menjadi member MeMiles hanya istri Ari Sigit, yakni Frederica Francisca Callebaut. "Kalau istrinya itu memang top up, member," pungkas Luki.

Kucing-kucingan

Sebelum diperiksa, awak media tak melihat kedatangan Ari Sigit di Mapolda. Dari informasi yang dihimpun, sekitar pukul 10.25 WIB, cucu Soeharto itu telah hadir di Mapolda dan langsung memasuki ruang pemeriksaan melalui pintu khusus. Para awak media yang menunggu di depan ruang Ditreskrimsus pun sempat kucing-kucingan mencari keberadaannya.

Namun, para awak media tak ada yang berhasil mendapatkan gambar AHS. Karena, AHS lebih dulu memasuki ruang pemeriksaan tanpa diketahui kedatangannya.

Dalam pemeriksaan hari ini, hanya Ari Sigit yang hadir. Sementara istrinya, Frederica Francisca Callebaut dan ibunya, Ilsye Aneke Ratnawati, mangkir. Pemeriksaan Fransisca yang hari ini dikabarkan sakit, diundur pekan depan. Sementara pemeriksaan Ilsye Aneke belum dijadwalkan ulang.

Selain Ari Sigit, hari ini juga ada jadwal pemeriksaan Adjie Notonegoro dan Tata Janeeta untuk kasus yang sama.

 

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten