SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Solopos/Whisupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO -- Aparat Polresta Solo berhasil menghalau 170 kendaraan pemudik di jalur masuk Kota Solo dalam empat hari terakhir. Polresta menggelar Operasi Ketupat Candi 2020 mulai Jumat (24/4/2020) hingga Selasa (28/4/2020).

Satlantas Polresta Solo meminta 170-an kendaraan yang hendak mudik itu kembali ke wilayah asal mereka.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jajaran Polresta Solo telah membangun tiga posko pengamanan di wilayah Tugu Makutho, Simpang Faroka, dan Simpang Joglo.

Dikabarkan Mengusir 3 Perawat, Ibu Kos di Grogol Sukoharjo Membantah

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian, saat dijumpai wartawan, Selasa (28/4/2020), mengatakan tak hanya pelat nomor kendaraan pemudik masuk Kota Solo yang diperiksa.

Apabila ada kendaraan berpelat nomor luar Kota Solo namun ber-KTP di Solo dan terindikasi pemudik, mereka dibawa ke Posko Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

Ibu Rumah Tangga Positif Corona Asal Kebakkramat Karanganyar Meninggal

“Sekitar 170 pemudik itu sudah difilter di wilayah Brebes sampai ke Polres luar Kota Solo sebelum masuk ke Kota Solo. Saat ini banyak warga Solo yang pelat kendaraannya luar Solo,” papar dia mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai.

Posko Jurug

Terkait itu, Satlantas bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mendata melalui aplikasi maupun manual. Ia menambahkan Satlantas sedang merencanakan penambahan posko Operasi Ketupat Candi 2020 di Jurug.

Tambah 1 Lagi, Warga Joyotakan Solo Usia 34 Tahun Positif Covid-19

Hal itu sebagai antisipasi pemudik dari arah timur melintas atau masuk ke Kota Solo. Menurutnya, operasi pelat luar Kota Solo digelar secara acak atau tidak terus menerus selama 24 jam.

Terpisah, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan fokus pengamanan Operasi Ketupat Candi 2020 berubah dibandingkan tahun lalu.

Penularan Lokal Covid-19 Solo Diduga Sejak di Joyosuran-Gilingan-Mangkubumen

Kapolda menegaskan dalam operasi tahun ini, kepolisian fokus pada antisipasi para pemudik yang menuju Provinsi Jawa Tengah.

"Pola pengamanan tahun ini memang kami ubah, kalau tahun lalu kami fokus pada keselamatan lalu lintas dan antisipasi kemacetan saat arus mudik," ujar Kapolda.

DIJUAL CEPAT:  HP Samsung (GT E 1272)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya