SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekanbaru–Kematian lima ekor gajah dalam satu lokasi di Riau  diduga akibat umpan racun. Kepolisian diminta turun tangan mengusut kematian satwa dilindungi itu.

“Jajaran Polda Riau harus mengusutnya sampai tuntas. Kami menilai ada hal yang tidak wajar. Masalah kematian gajah ini tidak bisa dianggap hal yang sepele,” kata aktivis WWF Riau, Soemantri, Sabtu (27/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, apabila Kepolisian tidak mengungkap penyebab di balik tewasnya lima ekor gajah ini maka hal itu akan membuat warga dengan gampangnya untuk membunuh gajah.

“Hukum harus ditegakkan dalam menangani konflik ini. Kalau tidak, maka masyarakat akan menganggap bahwa gajah adalah hama yang harus dibunuh,” kata pria yang akrab disapa Abeng ini.

Dia menjelaskan, lima ekor gajah ini diperkirakan dalam satu keluarga. Sebab, kebiasaan gajah berjalan mengitari wilayahnya selalu berkelompok.

“Kalau melihat pola hidup gajah itu, maka kita menduga gajah yang tewasnya adalah satu keluarga,” kata Abeng.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya