Polisi Cilacap Tangkap Karyawati Bank, Tuduh Palsukan Dokumen

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, CILACAP — Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap menangkap seorang karyawati bank swasta yang dituduh memalsukan dokumen untuk mencairkan polis asuransi milik orang lain dan mengajukan kredit.

“Pelaku berinisial KB, 29, merupakan agen pemasaran salah satu bank swasta di Cilacap. Yang bersangkutan melakukan dua kali kegiatan yang merugikan orang lain,” ungkap Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto saat menggelar konferensi pers di Mapolres Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (12/2/2019) siang.

Dalam hal ini, kata dia, pelaku yang merupakan warga Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jateng diketahui memalsukan dokumen untuk mencairkan polis asuransi jiwa milik salah seorang warga. Alhasil, korbannya itu mengalami kerugian hingga Rp750 juta.

Menurut dia, kasus tersebut terungkap ketika korban dihubungi pihak bank karena tidak melakukan pengajuan asuransi kembali. Korban juga diberitahu jika polis asuransinya telah dicairkan oleh pelaku.

“Atas dasar informasi tersebut, korban melapor ke Polres Cilacap untuk dilakukan penyelidikan dan selanjutnya dilakukan penangkapan,” katanya.

Ia mengatakan pelaku juga diketahui mengajukan kredit ke salah satu perusahaan jasa keuangan dengan menggunakan akta cerai palsu demi bisa mencairkan dana senilai Rp120 juta. Menurut dia, perbuatan tersebut telah dilakukan pelaku sejak tahun 2015 hingga 2018 dan hasil dari tindak pidana yang dilakukannya digunakan untuk membeli satu unit kendaraan roda empat dan beberapa kebutuhan lainnya.

“Dari tangan pelaku, kami berhasil mengamankan sebuah kendaraan roda empat hasil dari tindak pidana, kemudian beberapa rekening koran dan dokumen-dokumen yang digunakan pelaku untuk memalsukan data,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut dan berkoordinasi dengan pihak bank guna mencari kemungkinan adanya pelaku maupun korban lainnya. Menurut dia, pihaknya masih memeriksa seluruh karyawan bank swasta tersebut khususnya yang berada di bagian pencairan polis asuransi.

Terkait dengan kasus tersebut, Kapolres mengatakan pelaku bakal dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Dalam hal ini, untuk tindak pidana pemalsuan dokumen persyaratan kredit pada perusahaan jasa keuangan dijerat Pasal 263 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara.

Kasus pemalsuan dokumen asuransi untuk penarikan polis atas nama korban dijerat Pasal 78 juncto Pasal 33 UU No. 40/2014 tentang Perasuransian dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara serta UU No. 25/2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara.

Sementara itu, dalam kasus pemalsuan akta cerai untuk persyaratan pengajuan kredit pada perusahaan jasa keuangan bakal dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Babak Akhir Kasus Perusakan Nisan Makam Polokarto Sukoharjo, Pengurus dan Ahli Waris Bertemu

Kasus perusakan batu nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, berakhir setelah ahli waris dan pengurus dipertemukan.

Vaksinasi Anjing dan Kucing Cegah Penularan Rabies di Solo

VaksinasiĀ rabies secara gratis diberikan kepada hewan penularĀ rabies