SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, angkat bicara terkait rencana pemerintah Malaysia mengakui tarian Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilan (Sembilan Gendang) dari Mandailing, Sumatera Utara sebagai salah satu warisan budaya negara tersebut. Nuh saat dihubungi Tempo Minggu (17/6) mengatakan, jika tarian itu hanya dipakai atau diperagakan Malaysia di negerinya, hal itu tidak masalah. Tapi jika nantinya, Malaysia mengklaim dua budaya itu, maka pemerintah tidak akan tinggal diam.

Pemerintah akan melakukan dialog kebudayaan dengan Malaysia untuk membahas masalah klaim budaya tersebut. Untuk menghindari kejadian serupa ke depan, Nuh menilai penting dilakukannya registrasi produk-produk budaya Indonesia. Menurut dia, registrasi ini berguna untuk memastikan tercatatnya produk budaya Indonesia sebagai warisan budaya dunia dan nasional. [tempo/dtp]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya