SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Walikota Solo, Joko Widodo, mengaku telah bertemu empat mata dengan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, untuk membahas polemik pembangunan mal di eks pabrik es Saripetojo, Solo. Joko Widodo mengatakan, pertemuan itu menghasilkan kesepakatan jika keduanya akan cooling down.

Kepada wartawan di Solo, Selasa (5/7), Jokowi, demikian Walikota Surakarta itu akrab disapa, memaparkan pertemuan antara dirinya dengan Bibit Waluyo dilakukan di rumah dinas Gubernur Jateng di Semarang, Senin, (4/7).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Menurut dia, meskipun dia datang ke Semarang bersama Kepala Bagian Hukum dan Kepala Dinas Tata Ruang Kota Pemkot Surakarta, namun pertemuan itu dilakukan hanya berdua dengan Bibit Waluyo.

“Kami menyepakati cooling down menghadapi persoalan Saripetojo ini, sambil menunggu hasil kajian dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng. Dengan demikian rencana pembangunan mal di lahan eks Saripetojo itu juga ditunda karena nantinya hasil kajian tim dari BP3 akan dijadikan landasan mengambil keputusan berikutnya,” kata Jokowi.

Tim pengkajian dari BP3 Jateng itu dibentuk atas permintaan dari Pemprov Jateng dan Pemkot Surakarta. Tim terdiri para ahli dari berbagai kalangan. Namun pihak BP3 Jateng mengakui, hingga saat ini tim tersebut belum melakukan tugasnya karena memang sebelumnya pihak BP3 telah melakukan kajian serupa.

“Hasil kajian kami sebelumnya, bangunan eks Saripetojo merupakan bangunan cagar budaya yang harus dilindungi. Kami telah mengajukannya ke Kemenbudpar untuk ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Karena saat ini kami menunggu keputusan kementerian saja,” kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BP3 Jateng, Goetomo.(dtc)

Foto: Jokowi (kaskus.us)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya