SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Sejumlah pekerja PT Easton Living Indonesia (ELI) mendatangi kantor DPRD Bantul untuk menyampaiakan permintaan agar perusahaan mempekerjakan mereka kembali, Senin (25/6).

Persoalan berawal pada Jumat (2/3), saat PT ELI yang terletak di Jalan Sugiyo Pranoto No. 17, mengumumkan untuk meliburkan karyawan sejak 5 Maret hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Pekerja mendapat rapelan gaji Januari hingga Maret 2012 di hari berikutnya setelah pengumuman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami kaget pada Senin (12/3), PT ELI membuka lowongan pekerjaan,” ujar pengurus SPI PT ELI, Muryanti saat beraudiensi dengan Komisi D DPRD Bantul.

Pada Rabu (14/3) pukul 15.00 WIB di ruang pertemuan PT ELI, sejumlah karyawan pengurus Serikat Pekerja Indonesia (SPI) PT ELI mengonfirmasi ke manajemen dan diterima manajer PT ELI, Andreasto.

Pihak perusahaan membenarkan adanya info lowongan. Karyawan lama juga diminta untuk menyampaikan surat lowongan baru untuk evaluasi kerja.

“Dari 24 pekerja, karyawan dihubungi melalui telepon untuk diinterview dan sembilan karyawan dinyatakan diterima kembali,” ujarnya.

Pada (24/4) SPI PT ELI melayangkan surat perundingan dan diterima manajer perusahaan. Namun, pada hari berikutnya, salah satu karyawan yang juga pengurus SBI PT ELI untuk segera mencabut surat.

“Kami lakukan perundingan dengan PT ELI pada 25 Mei lalu tapi hasilnya nihil,” ujarnya.

Menanggapi tuntutan pekerja, Manajer PT ELI, Andreasto menampik perusahaanya melakukan PHK sepihak.

“Pekerja ini merupakan pekerja harian lepas, jadi hanya dipakai saat ada pekerjaan,” ujarnya singkat.

Pihaknya mengaku pekerja yang bisa dipekerjakan kembali dilihat dari prestasi kerja. Jika prestasinya bagus, maka akan dipekerjakan kembali.

Angota Komisi D DPRD Bantul, Jupriyanto mengatakan, pihaknya akan mengundang perusahaan, pekerja, dan Dinas Tenaga Kerja untuk audiensi pada Juli nanti.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya