SOLOPOS.COM - Warga dengan didampingi pegawai Kebun Binatang Surabaya memberi makan gajah satu kebun binatang itu, Agustus 2013. (JIBI/Bisnis/Wahyu-Darmawan)

Solopos.com, SURABAYA — Seekor Anoa jantan koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya mati karena sakit dan usia tua pada Rabu (26/2/2014).

Anoa berusia 19 tahun itu termasuk dalam daftar 84 satwa KBS yang mempunyai sakit, cacat dan berusia tua. Anoa yang memiliki nama latin Bubalus Depressicornis itu ditemukan mati dalam kandangnya pada sekitar pukul 11.30 WIB.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agus Supangat mengatakan satwa Anoa sejatinya memiliki usia maksimal sekitar 20 tahun.

“Dari hasil otopsinya ditemukan ada pembengkaan pada paru-paru. Hal itu yang membuat sulit bernafas,” katanya, Rabu (26/2/2014).

Agus mengatakan, anoa tersebut sempat menjalani perawatan intensif di KBS dengan memberikan vitamin dan gizi agar mampu bertahan hidup serta mendapat pengawasan sejak satu bulan yang lalu.

Sejak awal 2014, setidaknya ada 10 koleksi KBS yang mati, di antaranya adalah Gnu, singa, kambing gunung, rusa, 2 ekor kijang, komodo, Baboon, Nilgai dan anoa. Koleksi anoa KBS pun kini tersisa 5 ekor, yakni satu jantan, tiga betina dan satu anak’an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya