SOLOPOS.COM - Suswono dan Gita Wirjawan (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, MALANG — Kementerian Pertanian (Kementan) tidak mau berpolemik seputar kasus impor beras asal Vietnam karena telah menyerahkan mekanisme impor beras ke Badan Usaha Logistik (Bulog). Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, mengatakan pemerintah tidak perlu mengimpor beras karena Bulog dinilai mampu melakukan pengadaan beras.

“Tahun lalu Bulog mampu menyerap dengan bagus sebesar 3,8 juta ton, maka dengan kinerja tersebut tidak perlu lagi melakukan impor beras asal Vietnam,” kata Suswono di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (2/2/2014).
Soal perlu tidaknya mendatangkan beras asal Vietnam, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kemampuan Bulog dalam melakukan penyerapan maupun pengadaan beras. Jika melihat kinerja Bulog yang mampu menyerap dengan bagus, maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk melakukan penyerapan beras impor dari Vietnam. “Jadi dalam hal ini Kementan telah menyerahkan dan bergantung pada kemampuan Bulog,” jelas dia.
Mentan sendiri telah meminta agar kasus impor beras ilegal asal Vietnam untuk diusut guna mengetahui siapa dalang di balik kasus tersebut. Apalagi Kementan tidak pernah mengeluarkan rekomendasi impor beras asal Vietnam. Beras impor asal Vietnam yang saat ini beredar di pasaran tersebut adalah  jenis medium. Kementan tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk mengimpor beras jenis medium karena stok dinilai cukup.
Pihaknya hanya mengeluarkan rekomendasi impor untuk beras jenis khusus yang peredarannya tertutup, tidak bebas. Beras jenis khusus ini adalah beras ketan, menir, beras untuk penderita diabetes, dan beras kebutuhan restoran tertentu.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya