Tutup Iklan

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

 Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy. (Dok. Semarangpos.com)

SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy. (Dok. Semarangpos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng mengungkap identitas otak pelaku kejahatan skimming kartu ATM yang menyebabkan kerugian korban hingga ratusan juta rupiah. Otak pelaku kejahatan itu merupakan warga negara asing (WNA) berkebangsaan Turki.

WNA asal Turki yang menjadi dalang atau otak pelaku kejahatan skimming itu saat ini sudah tertangkap oleh Polda Bali. WNA Turki itu pun saat ini menjalani penahanan di LP atau Lapas Krobokan Bali.

“WNA itu berinisial DK, 46, asal Turki. Saat ini dia sudah ditahan di Lapas Krobokan, Bali,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iqbal Alqudusy, melalui keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Round Up: 53 Rekening Nasabah Bank Jateng di Klaten Dibobol Via Skimming ATM, Nilainya Rp1,6 Miliar

Iqbal menyebut DK merupakan residivis atas sejumlah kasus kejahatan skimming mesin ATM. Ia pernah melakukan kejahatan skimming kartu ATM di beberapa wilayah, selain di Jateng.

“DK pernah ditangkap, saat akan memasang alat skimming berupa deep skimming di mesin ATM Bank Mandiri di Bali, Juli 2020 lalu,” imbuh Iqbal.

Sebelumnya, Polda Jateng telah mengungkap kasus skimming ATM yang menyebabkan kerugian 35 nasabah BRI, Selasa (19/10/2021) pagi.

Dalam pengungkapan kasus itu, Polda Jateng juga meringkus dua pelaku berinsial AS, 38, dan AIS, 46, warga Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Kedua pelaku memiliki peran sebagai pemilik rekening yang menampung hasil curian melalui skimming tersebut.

Baca juga: Simak! Tips OJK agar Rekening Terhindar dari Pembobolan

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan pengungkapan tindak pidana pencurian dengan modus skimming kartu ATM itu bermula ketika BRI menerima laporan dari 35 nasabah yang uang di rekeningnya berkurang.

Para nasabah tersebut, kata dia, diketahui pernah melakukan transaksi di sebuah mesin ATM di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal.

“Dari penelusuran rekaman CCTV di mesin ATM, diketahui ada pemasangan alat skimming oleh dua orang yang tidak diketahui identitasnya,” kata Irjen Ahmad Luthfi.

Kapolda menjelaskan, berdasar hasil penelusuran diketahui aliran uang kepada kedua tersangka yang diketahui telah membuka rekening BRI yang diduga digunakan sebagai tempat penampungan. Total kerugian 35 nasabah yang dibobol rekeningnya itu mencapai Rp202 juta.

“Kerugian 35 nasabah tersebut sudah diganti oleh BRI,” imbuh Kapolda Jateng. Atas perbuatannya itu, kedua tersangka dijerat dengan UU No.3/2011 tentang Transfer Dana.


Berita Terkait

Berita Terkini

Hidden Canyon, Mutiara Tersembunyi di Kaki Pegunungan Muria

Alasan penamaan tersebut karena ngarai tersebut berada di tempat tersembunyi dan memang belum banyak diketahui keberadaanya oleh banyak orang karena akses jalannya yang sulit.

Januari 2022 Puncak Musim Hujan, Jateng Siaga Banjir

BMKG memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2022 dan mengingatkan warga Jateng waspada karena termasuk wilayah siaga banjir.

Saung Diterjang Banjir, Kakek di Brebes Terseret Arus Sungai Pemali

Seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan hanyut akibat banjir yang melanda Sungai Pemali.

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.