SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) telah memetakan titik rawan kemacetan di wilayahnya saat arus mudik Lebaran 2019 nanti. Kepadatan arus lalu lintas diprediksi akan terjadi di ruas tol, salah satunya Exit Tol Pejagan.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Rudy Antariksa, memprediksi kepadatan arus mudik di Jateng akan terjadi di pintu keluar Tol Pejagan. Alasanya, kepadatan terjadi lantaran lokasi tersebut merupakan akhir dari one way yang diterapkan dan diberlakukan di tol Trans Jawa mulai tanggal 30 Mei-2 Juni 2019.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“One way berakhir di exit Brebes barat. Berarti titik kerawanannya ada di exit Pejagan karena pemudik yang akan ke Jateng selatan, seperti  Purwokerto, Banyumas, Purworejo akan banyak yang keluar melalui jalur itu [Pejagan],” ungkap Rudi kepada wartawan di Mapolda Jateng, Rabu (15/5/2019).

Kendati demikian, Polda Jateng telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun ini.  Menurutnya, antisipasi yang dilakukan manakala terjadi kemacetan atau kepadatan di Pejagan akan di arahkan ke Selatan untuk keluar di Pemalang pintu Tol Gandulan.

“Ada juga jalur selain Pejagan yang bisa ke selatan. Jadi lewat Pemalang ke Purbalingga, Purworejo, Wonosobo, Purwokerto. Seperti itu,” bebernya.

Rudy menambahkan jalan Tol Trans Jawa dan Pantura akan menjadi jalur utama yang akan digunakan pemudik dari kawasan Jakarta menuju Jateng. Selain melakukan pemetaan, pihaknya pun sudah menyiapkan skema yang akan dilakukan jika terjadi kemacetan.

“Kita sudah mencari tempat-tempat mana yang merupakan trouble spot, sudah kita petakan, sehingga kita bisa melakukan manajemen rekayasa,” imbuh Rudy.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya