SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Polda Jawa Tengah akan mengobati para anggotanya yang positif menggunakan narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya (narkoba) melalui instalasi rehabilitasi media Kupeduli Narkoba di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Fasilitas rehabilitasi bagi para polisi pemadat itu baru dibuka kapolda Jateng, akhir pekan lalu.

“Ini baru pertama kali di Indonesia, terobosan kreatif dari Kabid Propam,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono saat meresmikan Intalasi Rehabilitasi Medis Hukuman Pembjnaan Perawatan Terpadu Anggota Polri Terlibat Narkoba (Kupeduli Narkoba) di Kota Semarang,  Jumat (12/10/2018).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Menurut dia, peredaran narkotika sudah menyebar ke semua lini, termasuk kepolisian. Ia menuturkan program rehabilitasi polisi yang terpapar narkotika ini menyinergikan seluruh pemangku kepentingan yang ada di kepolisian.

Ekspedisi Mudik 2024

Anggota Polri dari berbagai kesatuan yang diketahui memakai narkotika selanjutnya akan menjalani rehabilitasi di instalasi ini selama dua pekan. “Di sini diobati secara mental dan spiritual,” katanya. Setelah menjalani rehabilitasi, kata dia, mereka akan dikirim ke Satuan Brimob untuk memperoleh pelatihan fisik dan bela negara.

Selain meresmikan instalasi Kupeduli Narkoba, Kapolda dalam kesempatan itu juga didaulat meresmikan penambahan sarana hemodialisis serta CT Scan di Rumah Sakit Bhayangkara tersebut.

Sementara itu, Kabid Propam Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Jamaludin Farti mengakui penyalahgunaan narkotika di lingkungan anggota polisi cukup tinggi. Menurut dia, rehabilitasi di layanan medis ini sudah melaksanakan tiga gelombang pengobatan yang diikuti oleh 80 anggota Polri.

Proses rehabilitasi, lanjut dia, dijalani setelah anggota Polri yang bersangkutan menjalani sidang kode etik dan menjalani hukuman. “Setelah selesai akan dikembalikan ke kesatuannya, akan ada penilaian tiap tiga bulan,” katanya.

Dari 80 polisi yang sudah menjalani rehabilitasi tersebut, belum ada temuan mereka mengulangi kesalahan yang sama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya