SOLOPOS.COM - Ilustrasi topi perlambang wibawa polisi (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Polda DIY mengirim 323 calon anggota Brigadir dan Tamtama Polri untuk menjalani pelatihan.

Harianjogja.com, SLEMAN – Polda DIY memberangkatkan 323 calon anggota Brigadir dan Tamtama Polri, yang akan menjalani pendidikan di tiga lokasi, Kamis (31/7/2015). Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda DIY mengklaim 323 yang lolos telah dilakukan seleksi secara terbuka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabag Dalpers Biro SDM Polda DIY Kompol Fannky Sugiharto menyatakan, dari 323 peserta, 265 diantaranya mengikuti pendidikan pembentukan Brigadir dengan rincian pria 215 orang dan wanita 50 orang. Sisanya 58 orang akan menjalani pembentukan pendidikan Tamtama Brimob. Untuk Brigadir, 215 orang akan menjalani pendidikan SPN Selopamioro Bantul, 18 orang di Sepolwan Jakarta dan 32 orang di Pusdik Binmas Banyubiru. Sedangkan Tamtama keseluruhan akan dididik di Pusdik Brimob Watukosek.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya minat menjadi anggota Polri di DIY tergolong tinggi. Untuk jalur Akpol dari enam yang terpilih mewakili DIY, berasal dari 319 pendaftar online dan 122 verifikasi. Sementara jalur Brigadir minta pendaftar mencapai 5.500 baik melalui online maupun yang datang dan jalur Tamtama mencapau 1.439 pendaftar.

“40% yang daftar dari orangtua berlatarberlakang buruh, tukang becak dan lainnya. Image, semua rekruitmen selalu negatif,” ujarnya, Jumat (31/7/2015).

Ia mengaku, memang banyak yang menelpon titip untuk diluluskan, tapi dirinya menegaskan tidak bisa. Kendati demikian, ia bisa menerima titipan, tetapi syaratnya titip sejak awal untuk diberikan pembinaan. Karena Polda DIY memberikan pelatihan gratis bagi yang akan mengikuti tes seleksi dan semua materi ujian disampaikan. “Agar mereka bisa berkompetisi sendiri. Setiap selesai tes, hasil langsung bisa diketahui,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya