SOLOPOS.COM - Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, berkali-kali membuka peluang namun terus menemui kebuntuan. (JIBI/Reuters/Yves Herman)

Polandia bermain imbang dengan Portugal hingga 90 menit.

Solopos.com, MARSEILLE – Polandia memainkan laga perempatfinal kontra Portugal di Stade de Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat (1/7/2016) dinihari WIB. Robert Lewandowski dan Renato Sanches mencetak gol perdana yang membuat tim bermain imbang 1-1 hingga 120 menit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum pertandingan dimulai, kedua tim memang telah mempersiapkan diri untuk adu penalti. Maka tak heran jika pertandingan ini pada akhirnya tak cukup hanya berlangsung 90 menit. Bahkan hingga perpanjangan waktu, kedua tim masih bermain imbang.

Babak Pertama

Robert Lewandowski membuka keunggulan Polandia atas Portugal pada menit kedua. Memanfaatkan umpan Kamil Grosicki, Lewy –sapaan akrab Lewandowski– langsung menyambar bola dengan kaki kanannya di kotak penalti untuk membobol gawang Portugal kawalan Rui Patricio. Skor 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Robert Lewandowski merayakan gol ke gawang Portugal di laga perempatfinal Piala Eropa 2016 di Stade de Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat (1/7/2016) dinihari WIB. (JIBI/Reuters/Cristian Hartmann)

Robert Lewandowski merayakan gol ke gawang Portugal di laga perempatfinal Piala Eropa 2016 di Stade de Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat (1/7/2016) dinihari WIB. (JIBI/Reuters/Cristian Hartmann)

Pada menit 32 Seleccao das Quinas –julukan Portugal– berhasil menyamakan kedudukan lewat Renato Sanches. Memanfaatkan umpan Nani, gelandang milik Bayern Munich itu melepas sepakan kaki kirikeras dari luar kotak penalti untuk membobol gawang Polandia kawalan Lukasz Fabianski. Skor sementara 1-1.

Secara keseluruhan, jalannya pertandingan kedua tim cukup seimbang. Hingga babak pertama usai, skor 1-1 tetap bertahan.

Babak Kedua

Kedua tim enggan mengendurkan serangan di babak kedua. Polandia memulai dengan ancaman dari Lewandowski. Menit 49, umpan silang dari sayap kanan disambut sundulan kepala sambil menjatuhkan badan dari penyerang andalan Polandia. Kontak dengan bola kurang sempurna hingga mudah diamankan.

Tak lama kemudian giliran Portugal mengancam. Menit 56, luput dari kawalan, bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melesat cepat ke kotak penalti namun dari sudut sempit tembakannya hanya menerpa sisi jala gawang.

Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, berkali-kali membuka peluang namun terus menemui kebuntuan. (JIBI/Reuters/Yves Herman)

Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, berkali-kali membuka peluang namun terus menemui kebuntuan. (JIBI/Reuters/Yves Herman)

Jual beli serangan terus terjadi. Polandia membuka peluang di menit 69. Bergerak dari belakang, Milik menyambar umpan silang di tiang dekat tetapi gagal berbuah gol.

Menit 79, dari set-piece tendangan sudut Portugal oleh Fonte menyelinap dan menanduk bola persis di depan gawang tetapi arah si kulit bulat persis menuju tangan Fabianski.

Menit 85, Cristiano kembali mengancam. Sayangnya bagus terbuang begitu saja! Bintang andalan Portugal lolos dari jebakan off-side dan menerima bola di dalam kotak penalti, sayang dia gagal mengeksekusi sempurna bola.

Extra Time

Di babak perpanjangan waktu, Portugal tampak lebih bugar. Beberapa kali Cristiano Ronaldo dkk. mengancam pertahanan Polandia saat laga baru saja dimulai.

Menit 92, Cristiano membuka peluang namun gagal. Bintang Portugal tampak menggeleng-gelengkan kepala setelah gagal memanfaatkan peluang di depan gawang Polandia.

Kedua tim kembali melakukan pergantian pemain. Di kubu Polandia, Jodlowiec masuk menggantikan Maczynski sedangkan Danilo Pereira di kubu Portugal menggantikan bek Ricardo Cavalho. Sebagai catatan, jika Portugal lolos di laga semifinal Carvalho akan absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Setelah pergantian pemain ini kedua tim langsung tancap gas. Nani sundulannya melebar yang berlanjut serangan Polandia ke gawang Portugal lewat Milik yang juga gagal memanfaatkan peluang.

Hingga babak pertama perpanjangan waktu tidak ada gol tercipta.

Berlanjut di babak kedua perpanjangan waktu, insiden fans masuk ke lapangan terjadi. Fans dari tribun ada yang lolos dari kawalan dan berlari ke tengah lapangan. Petugas keamanan sigap bergerak. Laga untuk sementara dihentikan wasit pada menit 110.

Fans Portugal berhasil merangsek ke tengah lapangan. (JIBI/Reuters/Christian Hartmann)

Fans Portugal berhasil merangsek ke tengah lapangan. (JIBI/Reuters/Christian Hartmann)

Di babak terakhir ini kedua tim mulai tampak kelelahan. Tak banyak peluang tercipta. Menit 115 Polandia mencoba peruntungan. Kapuska merangsek dan mengirimkan bola ke tengah namun tidak ada pemain yang menuntaskan umpannya.



Hingga laga usai, tak ada gol lagi tercipta. Pertandingan berakhir 1-1 dan kedua tim menjalani adu penalti.

Susunan Pemain:

Polandia (4-4-2): 22 Fabianski (G), 2 Pazdan, 3 Jedrzejczyk, 5 Maczynski (Jodlowiec, 99), 7 Milik, 9 Lewandowski (C), 10 Krychowiak, 11 Grosicki, 15 Glik, 16 Blaszczykowski, 20 Piszczek.

Portugal: Rui Patrício (G), 3 Pepe , 4 Fonte, 7 Ronaldo (C), 10 João Mário, 14 William Carvalho (Danilo, 99), 16 Renato Sanches, 17 Nani, 19 Eliseu, 21 Cédric, 23 Adrien Silva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya