SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Warung makan dan satu mobil rusak tertimpa pohon tumbang di dekat Taman Jaya Wijaya, Mojosongo, Jebres, Solo, Senin (4/2/2019).

Pohon itu tumbang saat terjadi hujan deras dan angin melanda kawasan itu. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Gatot Sutanto, menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pohon besar dan rimbun itu roboh ke seberang jalan menimpa mobil yang terparkir dan sebuah rumah makan,” jelas Gatot kepada Solopos.com, Senin.

Ekspedisi Mudik 2024

Mobil yang tertimpa pohon lecet dan lampu bagian depannya rusak. Pohon yang sama juga mengenai teras rumah makan milik Wahyu, warga Jl. Tangkuban Perahu, RT 002/RW 024, Kelurahan Mojosongo.

“Bagian teras yang biasanya digunakan untuk parkir kendaraan tertimpa pohon. Sekitar pukul 17.30 WIB pohon tumbang berhasil dibersihkan sehingga jalan yang semula tertutup sudah dapat dilalui dengan lancar,” kata Gatot.

Pembersihan pohon tumbang dilakukan gotong royong oleh masyarakat, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Damkar Solo, BPBD, Babinsa Koramil Jebres, Linmas, dan sukarelawan lainnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, menjelaskan pohon tumbang diduga karena tanahnya lembek sehingga tidak kuat menahan akar pohon.

“Pohon tumbang juga menimpa seng warung makan hingga penyok. Pohon itu mudah patah sehingga kena hujan dan angin langsung terangkat dan roboh,” jelas Eko, Senin.

Babinsa Koramil Kelurahan Mojosongo, Sertu Aswan, mengatakan selain di Taman Jaya Wijaya, pohon tumbang juga terjadi di Jl. Ring Road Mojosongo. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kerugian yang diderita kurang lebih Rp7 juta. “Pohon tumbang terjadi saat kondisi jalan sepi. Korban jiwa tidak ada,” jelas Aswan.

Aswan mengimbau masyarakat waspada dan berhati-hati ketika melintas di wilayah yang terdapat pohon besar ketika musim hujan. Apalagi masih sering terjadi hujan disertai angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya