Petugas Damkar, BPBD, SAR, dan sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di Jl. Cut Nyak Dien, Jebres, Solo, Selasa (12/11/2019). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Rumah Susanto, 70, di pertigaan Jl. Cut Nyak Dien dan Jl. Ir. Juanda, Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo, rusak akibat tertimpa pohon beringin yang tumbang saat hujan deras disertai angin, Selasa (12/11/2019) petang.

Pohon tumbang itu juga mengenai kabel listrik sehingga membuat aliran listrik di kawasan itu padam. Hingga berita ini diunggah, proses evakuasi pohon yang tumbang itu masih berlangsung. Listrik juga masih padam.

Pantauan Solopos.com, pohon menimpa atap lantai dua rumah Susanto. Petugas Damkar, BPBD, SAR dan sukarelawan memotong pohon yang tingginya mencapai belasan meter tersebut.

Terlindas Truk, Mahasiswi Stikes Muhammadiyah Klaten Meninggal

Banyak warga yang menonton evakuasi pohon membuat arus lalu lintas tersendat. Petugas terpaksa menutup Jl. Cut Nyak Dien untuk memudahkan proses evakuasi pohon tumbang.

Jl. Ir. Juanda juga dibuat menjadi satu arah dari barat ke timur. Pohon tumbang tak hanya menimpa rumah Susanto tapi juga warung di sebelah timur rumah. Namun, isi warung telah dievakuasi sebelum kayu dipotong oleh petugas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Solo, Gatot Sukanto, menjelaskan pohon tumbang karena hujan deras beserta angin kencang. Pohon tersebut merupakan pohon terbesar yang tumbang sore itu.

Pilkada Solo: Rudy Sebut DPP PDIP Langgar Aturan Jika Rekomendasikan Gibran

"Kami belum tahu identitas pemilik bangunan. Kami fokus evakuasi," ujarnya kepada Solopos.com saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Susanto mengatakan saat kejadian dia sedang berada di dalam rumah. Dia tinggal bersama lima anggota keluarganya di rumah itu dan semuanya selamat. "Saya tadi di dalam rumah. Rumah kami bocor terus ada pohon tumbang. Saat tumbang malah enggak ada suaranya," ujar dia kepada Solopos.com, Selasa malam.

Mengenai warung di sebelah rumahnya, Susanto mengatakan warung tersebut milik salah satu warga yang akan disewakan dan belum dipakai untuk usaha. "Kerugian belum ditaksir. Besok kami panggil tukang," kata dia.

Pohon tumbang akibat hujan dan angin Selasa sore tak hanya terjadi di Jebres. Di simpang lima Komplang, Banjarsari, Solo, juga ada pohon tumbang yang sempat menghambat arus lalu lintas.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten