Pohon beringin tumbang menutup akses jalan di Jl. R.M. Said, Ketelan, Banjarsari, Solo, Selasa (10/12/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Kota Solo, Selasa (10/12/2019) sekitar pukul 16.50 WIB tak hanya mengakibatkan sejumlah kaca Skybridge Stasiun Solo Balapan pecah.

Puluhan pohon juga bertumbangan di beberapa lokasi. Begitu pula beberapa lampu penerangan jalan umum tak kuasa menahan kencangnya angin.

Salah satu pohon yang tumbang berada di kawasan simpang empat Masjid Solikhin, Kelurahan Ketelan, Banjarsari. Pohon beringin dengan batang berdiameter sekitar satu meter tumbang ke arah Jl. R.M. Said yang mengarah ke kawasan Mangkunegaran.

Pohon tumbang menyeret lampu penerangan jalan umum yang ikut roboh. Peristiwa itu membuat arus lalu lintas di Jl. R.M. Said tersendat. Arus lalu lintas dari arah barat menuju kawasan Mangkunegaran ditutup.

Salah seorang saksi mata, Yudi Safitra, saat ditemui Solopos.com di lokasi mengatakan pohon beringin besar itu tumbang seketika saat hujan deras disertai angin.

Derita ABG Wonogiri Diperkosa Lagi Oleh Paman Usai Curhat Diperkosa Ayah Tiri

“Biasanya pohon sebesar itu kalau jatuh pelan-pelan tapi ini tidak. Beruntung saat jatuh itu baru hujan deras sehingga tidak ada pengendara motor melintas. Tadi saya juga lihat lampu jalan itu diambil seorang pengendara sepeda motor yang langsung kabur ke arah selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Ali, mengatakan belum mengetahui pasti jumlah dan lokasi-lokasi pohon tumbang.

Namun ia mengaku memperoleh informasi cukup banyak pohon tumbang beserta beberapa baliho. Menurutnya, paling banyak kejadian pohon tumbang berada di wilayah Kecamatan Banjarsari.

Pilkada Solo: Rudy Sebut Kader Yang Mendaftar ke DPD Tidak Tahu Aturan

Ia mengaku memperoleh informasi di beberapa lokasi pohon tumbang berada di perkampungan. “Seluruhnya tidak ada korban jiwa namun banyak genting rumah terbang,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pohon tumbang terjadi di sebelah timur Polresta Solo, Kawasan Palang Joglo, barat Kantor Pos Nusukan, wilayah Srambatan, Kampung Gremet, Jl. Ahmad Yani, dan Jl. M.T. Haryono.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten