SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pohon bungur berbunga mirip sakura Jepang yang menjadi buruan pehobi selfie di halaman Pura Mangkunegaran Solo belakangan ini ternyata sudah ada cukup lama, lebih dari 40 tahun.

Pelaksana Tugas (Plt.) Pengageng Mondropuro Istana Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, menuturkan pohon mirip sakura di area parkir komples istana tersebut sebenarnya bukan barang baru. Usianya lebih dari empat dekade.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Baru sekarang saja netizen heboh. Padahal itu ditanam sudah sekitar tahun 1975,” terang dia kepada Solopos.com, belum lama ini.

Supriyanto mengisahkan pohon tersebut ditanam pada masa Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro VIII berkuasa (1944—1987). Di tempat yang kini beralih fungsi sebagai lahan parkir itu dulunya ada hotel milik Mangkunegaran. Bangunannya menghadap selatan.

“Dulu paduka punya keinginan menambah pendapatan istana setelah swapraja berakhir. Tapi usianya tidak bisa langgeng. Cuma sampai 1990-an lalu bangkrut. Dulu tanamannya juga enggak cuma satu. Ada beberapa, tapi yang lain mati karena tua,” bebernya.

Menurut dia, setelah bangunan hotel diratakan dan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau, istana Mangkunegaran memanfaatkan pelataran sisi barat Pura Mangkunegaran sebagai lahan parkir.

Proses pembangunannya dikerjakan secara hati-hati, termasuk mempertahankan beberapa tanaman khas yang usianya sudah matang, seperti pohon bungur berbunga mirip sakura.

“Kami sudah koordinasi dengan manajemen pengelola parkir, kalau mau menambah pohon baru atau menghias sekitar pohon bungur silakan. Sekarang zamannya selfie, siapa tahu bisa jadi destinasi. Dengan catatan enggak boleh mengutak-atik pohon di sana,” pesannya.

Supriyanto mengatakan saat ini area parkir Pura Mangkunegaran masih dalam masa pembenahan. Uji coba pemanfaatan lahan parkir itu akan digelar Senin (6/8/2019) dan rencananya dioperasikan secara penuh September mendatang.

Sebagaimana diinformasikan, halaman Pura Mangkunegaran Solo belakangan ini ramai dikunjungi terutama anak-anak muda pehobi foto/selfie guna mengabadikan pohon berbunga mirip sakura di kawasan itu.

Kebetulan saat ini memang musimnya pohon bungur itu berbunga yakni Juni-Agustus. Beberapa remaja yang ditemui Solopos.com mengaku tahu ada pohon berbunga mirip sakura itu dari postingan di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya