PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

 Bus Tingkat PO Rosalia Indah. (Instagram @adiputro_official)

SOLOPOS.COM - Bus Tingkat PO Rosalia Indah. (Instagram @adiputro_official)

Solopos.com, JAKARTA -- Bus-bus premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Mengutip Detikoto, Selasa (22/6/2021), armada bus premium ini jadi pengisi untuk jalur Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Pemilihan bus premium ini didasari alasan sudah tersedianya tol Trans Jawa (Jakarta-Surabaya). Tol mendukung operasional bus bermesin besar dengan dimensi panjang sekitar 13 meter.

Adapun sasis bus premium yang digunakan di Jawa merupakan produk-produk buatan Eropa, seperti Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, lalu Scania K410iB, Volvo B11R, serta MAN R37.

Baca Juga : Laksana-BYD Bikin Bus Listrik Dijual Mulai Rp4,5 Miliar

Sasis-sasis premium tersebut biasanya dipasangkan dengan bodi high decker maupun double decker buatan beberapa karoseri lokal ternama, seperti Laksana, Adiputro, Tentrem, Morodadi Prima, New Armada, Nusantara Gemilang, dan masih banyak lainnya.

Tercatat ada nama PO Putera Mulya yang mengoperasikan bus double decker Scania K410iB untuk rute Jakarta-Wonogiri. Sama dengan PO Putera Mulya, PO Harapan Jaya juga menggunakan Scania K410iB yang dibalut bodi double decker buatan Adiputro.

Bus premium PO Harapan Jaya melayani sejumlah rute dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. PO lainnya ada PO Garuda Mas yang memiliki bus double decker dengan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Bus premium PO Garuda Mas melayani rute Jakarta-Blora dan menjadi satu-satunya bus double decker yang ada di trayek ini.

Baca Juga : Greyhound, Perusahaan Bus Berusia Seabad Akhirnya Tumbang

PO lain yang mengoperasikan bus premium dengan sasis tersebut adalah PO Sinar Jaya. Bus ini melayani rute Jakarta-Pekalongan. Soal bus premium di pulau Jawa, jangan lupa menyebut PO Rosalia Indah.  PO yang bermarkas di Palur, Karanganyar ini, memiliki 21 bus premium dengan bodi double decker. Sasis PO Rosalia Indah menggunakan Scania K410iB.

"Kebanyakan PO [sekarang] beli double decker, termasuk Rosalia Indah. Dia punya 21 unit bus tingkat, pakai bodi Adiputro dan Laksana, dan sasisnya juga pakai berbagai merek," kata Ketua Umum Bis Mania Community, Zaenal Arifin.

Selain PO-PO tersebut, di pulau Jawa masih ada beberapa PO lainnya yang mengoperasikan bus premium double decker, seperti PO Agra Mas, PO Gunung Harta yang menggunakan sasis Volvo B11R, PO Murni Jaya, PO Lorena, PO Nusantara yang pakai sasis MAN R37, PO Efisiensi, PO Laju Prima, dan PO Safari Dharma Raya.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor dengan Sistem Rem ABS

Lima hal yang harus diperhatikan dalam merawat rem dengan sistem ABS.

Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Pikap legendaris keluaran Suzuki jenis ST20 berjuluk Trungtung masih ramai mewarnai pasar mobil bekas online dan ditawarkan hingga harga Rp26 juta.

Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pilihan cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Penawaran jasa pembuatan SIM nongol di beberapa marketplace, hal ini menuai kritik dari warganet.

Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Dengan kalimat sindiran pembalap kelas dunia sulit dapat SIM A dan C di Indonesia, warganet bikin surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Pengumuman! Mobil LCGC akan Kena PPnBM Mulai Bulan Depan

Pemerintah akan mulai mengenakan PPnBM pada mobil mura atau LCGC mulai 16 Oktober 2021.

Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Tak semuanya bisa lebih cepat lebih baik, terbukti aksi pengemudi Toyota Avanza di Jakarta mendahului berlakunya aturan pelat nomor justru kena teguran polisi.

Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Bermodal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mimpi menjadi produsen baterai listrik terbesar diyakini Presiden Jokowi bakal terwujud tiga hingga lima tahun ke depan

Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Beroperasi, Paling Lambat Mei 2022

Produksi mobil listrik bakal dimulai di Indonesia maksimal Mei tahun depan.

Daftar Harga Yamaha Vega Seperti Koleksi Presiden Jokowi di Kota Solo

Daftar harga lengkap Yamaha Vega 2001 seperti koleksi Presiden Joko Widodo, di Kota Solo.

Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Konsep pada sistem operasi taksi terbang yang diperkenalkan EHang tetap membutuhkan rute, lokasi lepas landas, pendaratan dan lokasi operator.

Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Presiden Jokowi ternyata masih mengoleksi satu motor jenis Yamaha Vega tahun 2001.

Heboh Taksi Terbang, Ini Rekam Jejak EHang dari China

Heboh taksi terbang dari perusahaan teknologi China yang bakal menjalani uji coba terbang di Bali, Oktober mendatang.