SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan sumpah jabatan PNS (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN- Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Yuni Satia Rahayu meminta pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah daerah setempat harus dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Pegawai negeri sipil (PNS) merupakan ‘abdi masyarakat’ yang melekat didalamnya untuk mampu memberikan pelayanan yang prima,” kata Yuni Satia Rahayu saat Pengambilan Sumpah PNS Sleman, Kamis (26/6/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, dalam tataran sosial kemasyarakatan, PNS memiliki kedudukan yang cukup dipandang di masyarakat.

“Untuk itu pribadi PNS dapat jadi panutan bagi masyarakat, baik dalam berperilaku, bekerja maupun dalam berinteraksi dengan masyarakat di lingkungannya,” katanya.

Sebanyak 165 Pegawai di lingkungan Pemkab Sleman, antara lain Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Dinas kesehatan diambil sumpahnya sebagai Pegawai Negeri Sipil oleh Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu mewakili Bupati Sleman.

Pengambilan sumpah ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh tersumpah, wakil bupati dan saksi yang terdiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga Arif Haryono dan Kepala Dinas Kesehatan dr Mafilindati Nuraini, M.Kes.

“Pengambilan sumpah/janji ini merupakan sebuah prosesi yang bermakna penting, karena sumpah/janji yang merupakan bentuk ikrar yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan atau institusi saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Ia mengatakan, jika sumpah dilanggar, itu berarti telah melakukan sebuah dosa. Karenanya, sumpah/janji ini agar benar-benar dihayati secara sadar, tulus dan ikhlas serta benar-benar diimplementasikan.

“Pengambilan sumpah/janji ini menjadi momentum pendorong peningkatan kinerja sebagai bentuk keteguhan dan komitmen untuk terus berbuat yang benar dan sesuai aturan, untuk hasil yang lebih optimal,” katanya.

Yuni juga berharap kepada semua PNS untuk terus bekerja keras, jaga kekompakan dan sinergitas agar pekerjaan bisa mencapai hasil yang optimal, dan program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten Sleman bisa segera terwujud.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sleman Iswoyo Hadiwarno mengatakan, PNS yang mengangkat sumpah/janji sebanyak 165 orang, dari jumlah tersebut paling banyak dari Dinas Pendidikan, Pemudaa dan Olah Raga sebanyak 80 orang, dari Dinas Kesehatan sebanyak 47 orang, dan SKPD yang lain rata-rata satu hingga 11 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya