SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS (JIBI/Solopos/Antara)

PNS fiktif diklaim Sekda tak ada lagi di lingkungan Pemprov Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengklaim tidak ada lagi pegawai negeri sipil (PNS) fiktif di lingkungan pemerintah provinsi setempat. Verifikasi PNS di lingkunagn pemerintah kota dan kabupaten di Jateng diakuinya belum rampung.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Kalau untuk provinsi [Pemprov Jateng] sudah dilakukan verifikasi, (hasilnya, red.) sudah tidak ada PNS fiktif,” katanya di Semarang, Minggu (14/8/2016).

Ia menjelaskan bahwa Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah langsung melakukan verifikasi setelah muncul dugaan PNS fiktif di sejumlah daerah. Menurut dia, verifikasi terhadap PNS fiktif di tingkat pemerintah kabupaten dan kota di Jateng masih terus berjalan hingga sekarang karena jumlah PNS-nya cukup banyak.

“Kabupaten/kota ini yang sedang diproses verifikasinya, kalau provinsi sudah selesai,” ujarnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Ali Mansyur meminta BKD Jateng menelusuri dan mengusut tuntas dugaan adanya PNS fiktif di lingkungan Pemprov Jateng. “BKD Jateng juga diminta terus meng-update data sehingga data PNS benar-benar valid dan pada APBN Murni 2017 sudah tidak teranggarkan lagi dana untuk menggaji PNS fiktif,” kata politikus Partai Nasional Demokrat itu.

Terkait dengan dugaan PNS fiktif, Ali berharap BKD Jateng tidak berhenti pada penyelarasan data tapi menindaklanjutinya dengan langkah administratif dan menempuh jalur hukum. “Jika merugikan keuangan negara dan ada unsur kesengajaan serta ada upaya manipulasi maka bisa dikenai delik hukum,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya