Kampus Politeknik Negeri  Madiun (PNM) yang beralamat di Jl. Serayu No. 84 Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (14/1/2020). (Abdul  Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Politeknik Negeri Madiun (PNM) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru 2020. Di kampus politeknik negeri ini ada satu-satunya program studi (prodi) yang tidak ada di tempat lain, yaitu prodi D4 Perkeretaapian.

Kasubag Akademik PNM, Suluh Argo, mengatakan saat ini PNM sudah membuka penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPN. Pihaknya berencana mengundang 141 kepala sekolah SMK/SMA/MA se-Madiun Raya dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru PNM melalui jalur SNMPN.

“Kami berencana mengundang 141 kepala sekolah se-Madiun Raya untuk kegiatan sosialisasi pada Senin [20/1/2020]. Tujuannya supaya para kepala sekolah tahu tentang politeknik ini,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Suluh menuturkan PNM memiliki tiga jurusan dan sembilan program studi. Jurusan Administrasi Bisnis terdiri atas prodi D3 Administrasi Bisnis dan D3 Bahasa Inggris. Jurusan Komputer Akuntansi terdiri atas prodi D3 Komputerisasi Akuntansi dan D3 Akuntansi. Jurusan Teknik terdiri atas prodi D3 Teknik Komputer Kontrol, D3 Mesin Otomotif, D3 Teknik Listrik, D3 Teknologi Informasi, dan D4 Perkeretaapian.

“Untuk saat ini prodi yang paling banyak peminatnya yaitu D4 Perkeretaapian. Prodi D4 Perekerataapian ini memang kami ditunjuk dari pemerintah pusat untuk membuka prodi khusus ini,” jelas dia.

Pihaknya mengklaim PNM merupakan satu-satunya politeknik yang memiliki prodi Perkeretaapian. Secara kurikulum pendidikan, mata kuliah yang dipelajari mahasiswa prodi tersebut memang khusus dan ada beberapa semester yang belajarnya di PT Industri Kereta Api (Inka).

“Jadi pengajarnya juga ada dari PT Inka. Di semester awal mahasiswa D4 Perkeretaapian ini akan belajar di Inka dua hari dalam sepekan,” ujarnya.

Dalam satu angkatan, kata Suluh, untuk prodi D4 Perkeretaapian hanya menerima 98 mahasiswa atau empat kelas saja. Dari empat kelas itu, ada satu kelas yang terdiri dari 24 mahasiswa yang diperuntukkan khusus warga asli Kota Madiun. Sebanyak 24 mahasiswa asal Kota Madiun ini mendapatkan beasiswa khusus dari Pemkot setempat.

“Khusus untuk prodi D4 Perkeretaapian ini pendaftarnya ada ratusan orang. Peminatnya pun tidak hanya dari wilayah Madiun saja, tetapi sebagian besar dari luar kota,” jelas Suluh.

Wakil Direktur II PNM, Muhammad Taali, menambahkan jumlah mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019 sebanyak 770 orang. Kemungkinan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 jumlahnya masih sama. Hal ini karena jumlah kelas juga masih sama seperti tahun sebelumnya.

Para calon mahasiswa PNM juga bisa mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Pada tahun ajaran 2020, PNM mendapatkan kuota 100 untuk penerima beasiswa Bidik Misi.

Untuk penerimaan mahasiswa baru 2020 jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yaitu dimulai sejak 6 Januari hingga 6 Maret 2020. Untuk pengiriman berkas pada 6 Januari sampai 9 Maret 2020. Untuk informasi lebih lengkap bisa melalui laman www.snmpn.politeknik.or.id


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten