Kategori: Jateng

PMI SEMARANG : Begini Ketersediaan Darah saat Libur Akhir Tahun...


Solopos.com/Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com

PMI Semarang menjamin ketersediaan stok darah saat libur Tahun Baru 2018.

Solopos.com, SEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Semarang menjamin ketersediaan dari di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Semarang saat musim libur akhir tahun.

Direktur UTD PMI Kota Semarang, Rini Astuti, mengatakan hingga Kamis (28/12/2017), pihaknya memiliki 1.517 persediaan kantong dari berbagai jenis golongan darah. Dengan jumlah tersebut, Rini mengklaim PMI masih mampu menyuplai atau memenuhi kebutuhan stok darah di seluruh rumah sakit se-Semarang.

“Patokan aman atau tidaknya [stok darah] itu bagaimana kami bisa menyuplai 100% kebutuhan kantong darah di rumah sakit yang ada di Semarang. Dengan ketersediaan saat ini [1.517 kantong darah] bisa dikatakan aman,” ujar Rini saat dijumpai wartawan di kantornya, Semarang, Kamis siang.

Rini menyebutkan setiap harinya, PMI Kota Semarang mendapat pasokan sekitar 200 – 250 kantong dari berbagai golongan darah. Dengan pasokan sebanyak itu, pihaknya bisa memenuhi kebutuhan harian mencapai 300-350 kantong darah setiap harinya.

Hal itu dikarenakan setiap satu kantong darah dari donor seseorang bisa diolah menjadi paket-paket tertentu seperti whole blood, fresh frozen plasma, trombosit, washed erythrocyte, antihemolitic, maupun liquied plasma.

“Satu orang donor paling tidak bisa memenuhi kebutuhan tiga nyawa [orang],” imbuh Rini.

Rini menambahkan meski persediaan stok darah menurun saat libur akhir tahun, dibanding hari biasa, pihaknya masih bisa memenuhi permintaan kantong darah dari rumah sakit di luar Kota Semarang, seperti di Grobogan, Kendal, dan Salatiga.

Hal itu dikarenakan pihaknya telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari dalam mengumpulkan stok darah melalui mobil-mobil bank darah yang diterjunkan di sejumlah lokasi, seperti kampus-kampus. Upaya itu dilakukan guna menjaring lebih banyak para donor darah untuk menyumbang darahnya ke PMI Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Share
Dipublikasikan oleh
Imam Yuda Saputra