SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Espos)–Kalangan anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan mengalami trauma dibandingkan warga usia dewasa dalam bencana meletusnya Gunung Merapi.

Dari pantauan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah, banyak ditemukan anak-anak yang mengalami trauma di pengungsian. Oleh karenanya, PMI menerjunkan tim PSP (Psikososial Supporting Programe) di sejumlah lokasi pengungsian seperti di Desa Jemowo dan Sangup, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Trauma yang dialami anak-anak ini harus diminimalisasi dampaknya. Selain penanganan pengungsian, dapur umum, evakuasi dan medis, PMI juga menurunkan tim PSP,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Bagian Penanggulangan Bencana melalui staf Humas PMI Jateng, Muhammad Nashir melalui rilisnya, Kamis (4/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Tim ini menggelar sejumlah kegiatan hiburan dan permainan agar anak-anak bisa melupakan soal bencana meletusnya Merapi. Anak-anak diajak bernyanyi, bermain dengan atraktif menggunakan bola dan balon.

Aktifitas serupa juga dilakukan PMI di pengungsian Jumoyo, Kabupaten Magelang. Posko Penanggulangan Bencana PMI Jateng menyatakan seluruh penduduk Kecamatan Selo, Kabupaten Bayolali, Jawa Tengah, telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Hal ini terkait status waspada dalam radius 15 Km dari puncak Merapi.

kha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya