PMI Jateng Gelar Pelatihan WASH di Semarang, Ini Tujuannya…

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memberikan pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Water and Sanitation Hygine (WASH) kepada 35 sukarelawan PMI se-Jateng di Pusdiklat PMI Jateng, Kota Semarang, Selasa-Kamis (26-28/3/2019).

Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto, menyebutkan sanitasi dan air bersih merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu daerah. Terlebih lagi, daerah tersebut baru saja dilanda bencana alam.

Oleh karena itu, pihaknya pun menggelar pelatihan tersebut dengan maksud meningkatkan kompetensi sukarelawan PMI dalam bidang air bersih dan sanitasi.

“Air dan sanitasi yang bersih adalah hal vital bagi kehidupan, termasuk saat bencana. Maka pengelolaan air harus baik agar tidak terkontaminasi bakteri dan lainnya. Saat itulah, tim WASH PMI sebagai tim operasional hadir membantu masyarakat. Tim ini dituntut tanggap, cepat dan tepat dalam merespons pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak,” ujar Imam dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Selasa siang.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat PMI Jateng, Dwi Handoko, mengatakan pelatihan WASH memberikan pemahaman bagi peserta agar mampu mengolah air dan melakukan promosi kesehatan.

“Peserta diharapkan memahami dan mengoperasikan proses produksi maupun fasilitas air di lapangan, juga mampu menjalankan kegiatan proses promosi kesehatan di wilayah terdampak bencana,” jelas Handoko.

Selain itu, sukarelawan yang mendapat pelatihan WASH ini, diharapkan siap untuk dikirim ke daerah rawan bencana. “PMI Jateng selama ini dapat mencukupi kebutuhan personel relawan yang dimobilisasi didaerah yang terdampak bencana, seperti Lombok dan Palu,” tambahnya.

Dwi menambahkan materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi pelayanan air, sanitasi, promosi kesehatan, standar SPHERE, manajemen limbah cair maupun padat, limbah medis, pengendalian vector, hingga peningkatan kualitas dan distribusi air.

“Selain itu, dalam pelatihan ini juga disimulasikan Perencanaan layanan sanitasi dan promkes serta camp management,” imbuh Dwi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Mudik dari Malaysia, 3 TKW Positif Omicron

Kedua PMI terdeteksi Omicron tersebut telah dievakuasi ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang untuk mendapat perawatan.

Dua Remaja Putri Hanyut di Sungai Pleret Sragen, Satu Orang Hilang

Dua remaja putri terbawa arus Sungai Pleret di Dukuh Bawang, Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Sragen saat menyebrang jembatan, Selasa (18/1/2022) malam.

Tuntut Hukuman Mati ke Heru Hidayat, Hakim: Jaksa Lampaui Kewenangan

Heru Hidayat dinyatakan terbukti bersalah tapi karena ia telah dijatuhi hukuman seumur hidup dalam perkara Jiwasraya maka pidana yang dijatuhkan dalam perkara Asabri adalah nihil.

Ita Dagang Sendirian di Los Pasar Baru Wuryantoro, Ini Alasannya

Ita mengaku nyaman menempati los baru Pasar Wuryantoro karena sudah memiliki pelanggan di los tersebut.

Heru Hidayat Divonis Seumur Hidup, Jaksa: Ia Layak Dihukum Mati

Namun di mata mereka Heru yang Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera tetap layak dihukum mati sesuai tuntutan.

Setop Perundungan di Tempat Kerja

Perundungan terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Jangan hanya diam, saatnya melawan.

Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Mendag Minta Tak Ada Panic Buying

Pemerintah resmi mengimplementasikan kebijakan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter untuk semua jenis kemasan mulai Rabu (19/1/2022).

Burung Emprit Serbu Padi Jelang Panen di Ngadirojo Wonogiri

Para petani harus menjaga tanaman padi mereka dari serbuan burung pipit atau emprit yang pada tahun ini jumlahnya lebih banyak.

Ketimpangan Menurun dan Angka Melek Huruf Sragen Terendah di Soloraya

LBH Pers menilai pemidanaan dua orang polisi aktif penganiaya jurnalis Tempo di Kota Surabaya Nurhadi adalah preseden baik dalam hal perlindungan profesi jurnalis dan kebebasan pers.

Penuhi Syarat, SDN 1 Wuryantoro Wonogiri Gelar PTM 100 Persen

SDN 1 Wuryantoro mengklaim sudah memenuhi syarat pelaksanaan PTM 100 persen yang diedarkan Disdikbud Wonogiri.

PTM 100 Persen Digelar di Wonogiri setelah Vaksinasi Anak Selesai

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan akan mengambil keputusan soal PTM 100 persen setelah vaksinasi anak dosis pertama selesai.

Satlantas Wonogiri akan Tambah Lokasi Penerapan ETLE, Ini Lokasinya

Satlantas akan memfungsikan kamera CCTV untuk menerapkan ETLE atau tilang elektronik yaitu perempatan Pokoh, Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri.

Kronologi Lengkap Kasus Mafia Tanah Berujung Praperadilan Polresta Solo

Kasus penipuan mafia tanah yang berujung pada gugatan praperadilan terhadap Polresta Solo bermula dari laporan korban yang tak segera ditangani sejak 2019 lalu.

Mandi Junub atau Mandi Besar Haruskah Berkeramas? Ini Penjelasannya

Saat melakukan mandi wajib haruskan berkeramas? Ini penjelasannya.

Intip Agenda Puan Maharani 2 Hari di Soloraya

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat, salah satunya Pasar Legi Solo dalam kunjungannya ke Soloraya pada Rabu-Kamis (19-20/1/2022).

Yusuf Mansur: Sekali Jatuhin Omongan Jangan Dipatahin

Yusuf Mansur mengajak seluruh karyawan Paytren untuk bergembira.