PMI: 10.800 Warga Semarang Utara Terdampak Banjir Rob

Sejumlah wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), hingga kini masih tergenang air akibat banjir rob pada Senin (23/5/2022).

 Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlihat masih digenangi air rob pada Selasa (24/5/2022) sore. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlihat masih digenangi air rob pada Selasa (24/5/2022) sore. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) menyebut sebanyak 10.800 warga di Kecamtan Semarang Utara, Kota Semarang, terdampak banjir rob yang melanda sejak Senin (23/5/2022).

Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat PMI Jateng, Dwi Handoko, menyatakan ada tiga daerah di Kota Semarang yang terdampak paling parah banjir rob tersebut. Ketiga daerah itu yakni Tambaklorok, Bandarharjo, dan Kebonharjo.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Ada tiga daerah yang terendam rob parah,” ujar Handoko, Selasa (24/5/2022).

Ia menjelaskan, terdapat lebih dari 232 titik rob yang teridiri dari tiga kelurahan dan 93 Rukun tetangga (RT), yang tersebar di Kecamatan Semarang Utara dan berdampak pada ribuan rumah warga terendam banjir dan rob. Meski demikian, menurutnya saat ini ketinggian air akibat air rob itu mulai surut, yakni sekitar 20 sentimeter (cm) hingga 40 cm.

Akan tetapi, ribuan rumah milik warga masih tergenang air hingga saat ini.

Baca juga: Muka Tanah di Semarang Ambles 0,8-13,5 Cm/Tahun, Jadi Pemicu Banjir Rob

Ia menuturkan bersama dengan sejumlah sukarelawan telah mendirikan posko induk yang berada di Kecamatan Utara dan sejumlah posko pembantu di setiap balai kelurahan warga yang terdampak. “Posko induk di kecamatan itu juga untuk dapur umum,” jelasnya.

Menurut Handoko, hingga saat ini warga masih bertahan di rumah masing-masing lantaran kondisi rob yang telah surut. Selain itu, sejumlah armada seperti perahu karet, ambulans dan mobil pikap juga telah disapkan untuk antisipasi evakuasi jika sewaktu-waktu diperlukan.

“Belum ada yang [warga] yang mengungsi, kalau air naik lagi kemungkinan baru ke posko,” imbuh Handoko.

Sementara itu, hingga saat ini kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan kompleks industri Lamicitra, Kota Semarang, masih tergenang banjir rob dan gelombang tinggi. Kondisi ini pun aktivitas produksi belum terlihat di kawasan tersebut.

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob di Semarang dan Wilayah Pesisir Lain

Genangan banjir rob pada hari ini masih cukup tinggi yakni sekitar 1,25 meter hingga 1,5 meter dan menyebabkan akses jalan tertutup.

Sejumlah pekerja sejumlah pabrik di kawasan industri pelabuhan terlihat mengevakuasi sepeda motor yang kemarin terpaksa ditinggal di area parkir. Mereka menuntun sepeda motor masing-masing sambil berjalan melewati genangan banjir rob setinggi pinggang orang dewasa.

Konah, salah seorang pekerja pabrik garmen di kawasan industri Pelabuhan Semarang mengaku nekad mengevakuasi sepeda motornya karena khawatir kerusakan semakin parah jika terlalu lama terendam banjir rob.

Pada saat mulai terjadi banjir rob kemarin, dirinya langsung menyelamatkan diri bersama rekan-rekan kerjanya tanpa sempat mengambil sepeda motor.

“Info yang kami terima, banjir rob nanti bertambah jeru [dalam] sehingga saya ke sini mengevakuasi motor saya,” kata Konah, dikutip dari Antara, Selasa.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Miris! Perempuan Perampok Pengemudi Ojol di Semarang Masih Remaja

Pelaku perampokan sepeda motor ojek online di Semarang ternyata perempuan yang masih berusia belasan tahun atau remaja.

Wow! Selamatkan Puluhan Sumber Mata Air, Pria Pemalang Raih Kalpataru

Kisah inspiratif datang dari pria Pemalang yang mendapat penghargaan Kalpataru atas dedikasinya dalam konservasi lingkungan hidup dan menyelamatkan puluhan sumber mata air.

Anggota DPRD Jateng: Jangan Sampai Anggota Karang Taruna Nganggur

Menurut anggota DPRD Jateng Baginda Muhammad Mahfuz anggota karang taruna harus bisa menunjukan kemampuan yang bermanfaat.

Polisi Ringkus Perempuan Perampas Motor Ojek Online di Semarang

Aparat Polrestabes Semarang dikabarkan telah meringkus perempuan yang melakukan penganiayaan dan perampasan sepeda motor pengemudi ojek online.

Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Produksi cabai di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), mengalami surplus hingga bulan Agustus 2022 nanti.

Apes! Motor Dirampas, Driver Ojol di Semarang Malah Dihajar Massa

Kisah tragis datang dari seorang pengemudi ojek online di Kota Semarang yang menjadi korban perampasan dan pengeroyokan oleh warga.

Perawatnya Dituduh Lecehkan Pasien, RSUD RA Kartini Jepara Lapor Polisi

RSUD RA Kartini Jepara akhirnya melaporkan pemilik akun @UpWanita atas kasus pencemaran nama baik akibat unggahan di Twitter yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual perawat rumah sakit itu.

54 Anggota Polres Grobogan Naik Pangkat Pas HUT Bhayangkara

Bertepatan HUT ke-76 Bhayangkara, sebanyak 54 anggota Polres Grobogan mendapatkan kenaikan pangkat.

Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Tempat Kuliner Favoritnya di Semarang

Semasa hidupnya, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, memiliki sederet tempat kuliner favorit di Kota Semarang.

Ini Daftar Pejabat Hasil Seleksi Yang Dilantik Bupati Grobogan

Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik pejabat untuk Jabatan Pemimpin Tertinggi (JPT) Pratama Pemkab Grobogan.

Wow! Merti Dusun di Bandungan Catatkan Transaksi Ekonomi Rp300 Juta

Acara Merti Dusun Kedungwangan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, mampu mencatatkan transaksi ekonomi sekitar Rp300 juta.

Bandara Ahmad Yani Semarang Tambah Rute Penerbangan

Bandara Ahmad Yani Semarang menambah rute perjalanan atau penerbangan.

HUT Bhayangkara, 51 Polisi di Magelang Naik Pangkat

Sebanyak 51 aparat polisi Polres Magelang menerima kenaikan pangkat saat HUT Bhayangkara ke-76.

Kabar Duka, Calon Haji asal Jepara Meninggal di Tanah Suci

Kabar duka datang dari Tanah Suci, di mana calon haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) meninggal dunia.

Geruduk Balai Kota Semarang, GPK Minta Izin Holywings Dicabut

Gerakan Pemuda Ka'bah atau GPK Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi agar izin operasi Holywings di Kota Lama Semarang dicabut.