SOLOPOS.COM - Foto: Sarkozy dan Fillon (AFP)

Paris–Perdana Menteri Prancis Francois Fillon mundur dari jabatannya tak lama sebelum Presiden Prancis Nicholas Sarkozy hendak melakukan reshuffle kabinet. Mundurnya Francois Fillon ini juga diikuti oleh beberapa menteri.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir BBC, Minggu (14/11), Sarkozy mengatakan ia telah menerima pengunduran diri Francois Fillon dan beberapa menteri yang juga ikut mundur.

Para analis mengatakan, Sarkozy dimungkinkan untuk menunjuk menteri baru tanpa terlebih dahulu harus memberhentikan para menteri yang telah mundur itu.

Saat ini, Prancis sedang menghadapi ketegangan politik yang sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

Sarkozy sebelumnya telah mengindikasikan akan mereshuffle kabinet setelah menggagas UU kontroversial soal sistem pensiun di Prancis yang belum lama disahkan oleh parlemen. UU tersebut telah disetujui bulan lalu, tapi kini menuai berbagai protes.

Popularitas Sarkozy saat ini berada pada rekor terendah. Dia berharap reshuffle tersebut dapat mengembalikan kepercayaan publik dan memuluskan jalannya untuk bersaing pada pemilihan presiden pada 2012 mendatang.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya