SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo — Menyusul gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang, Perdana Menteri Naoto Kan menyatakan keadaan darurat energi atom. Namun Kan menyebutkan tidak ada kebocoran radioaktif yang terdeteksi.

Demikian dilansir Kantor Berita AFP, Jumat (11/3/2011). Dengan penetapan keadaan itu, Kan menyatakan pemerintah untuk menerapkan langkah-langkah darurat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hingga saata ini, penduduk yang tinggal di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir belum diminta untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu, sebagaimana yang disampaikan oleh Sekretaris Kepala Kabinet Jepang, Yukio Edano.

“Kami telah menyatakan keadaan darurat nuklir untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Saya ulangi bahwa tidak ada kebocoran bahan radioaktif dan kebocoran tersebut tidak akan pernah terjadi,” kata Edano.

Edano juga mengimbau para penduduk yang memiliki tempat tinggal di sekitar pembangkit-pembangkit listrik tenaga nuklir untuk tenang. “Kami meminta para penduduk yang tinggal di sekitar pembangkit listrik untuk bersikap tenang,” katanya.

Lebih lanjut Kan mengatakan, sejauh ini pembangkit listrik tenaga nuklir milik Jepang tidak mengalami masalah setelah terjadinya gempa besar tersebut.

“Beberapa bagian dari pembangkit listrik tenaga nuklir kami dimatikan secara otomatis, tetapi belum ada konfirmasi tentang akibat yang ditimbulkan oleh bahan radioaktif di luar fasilitas,” katanya.

detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya