SOLOPOS.COM - KUNJUNGAN PERTAMA -- Presiden Prancis Nicolas Sarkozy berbicara dalam jumpa pers di Ibukota Libya, Tripoli, Kamis (15/9/2011). (www.bbc.co.uk)

Tripoli (Solopos.com) – Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, Kamis (15/9/2011) diberitakan mengunjungi Libya. Mereka menjadi pemimpin Barat pertama yang datang ke negeri itu sejak pemimpin Libya, Muammar Khadafi digulingkan oleh pemberontak yang didukung negara-negara Barat.

KUNJUNGAN PERTAMA -- Presiden Prancis Nicolas Sarkozy berbicara dalam jumpa pers di Ibukota Libya, Tripoli, Kamis (15/9/2011). (www.bbc.co.uk)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilaporkan BBC, kedua pemimpin negara tersebut bertemu dengan para pejabat Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya yang kini memegang kendali pemerintahan di Ibukota Tripoli. Mereka lantas terbang ke Kota Benghazi untuk berbicara di bekas basis utama kaum pemberontak itu.

Ketua NTC, Mustafa Abdul Jalil, memuji kedua pemimpin itu karena telah mengambil posisi secara berani tanpa syarat selama pemberontakan berlangsung. “Mereka telah menunjukkan dukungan politik, ekonomi dan militer yang membantu kaum pemberontak mendirikan pemerintahan baru dan kami berterima kasih pada Prancias dan Inggris atas semua ini,” tegas Mustafa dalam konferensi pers di Tripoli.

Sebelumnya dalam jumpa pers di Bandara Tripoli, David Cameron menyatakan harapannya bagi terwujudnya Libya yang bebas dan demokratis.

Inggris dan Prancis selama ini menjadi negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang paling aktif melancarkan serangan udara ke Libya untuk membantu gerakan pasukan pemberontak anti-Khadafi. Tak heran mereka jadi pemimpin Barat pertama yang masuk Libya sejak pasukan pemberontak menguasai Ibukota Tripoli sebulan lalu.

bas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya