SOLOPOS.COM - PLN UID Jateng dan DIY meraih penghargaan Program Bisnis Terpuji kategori Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat pada Detik Jateng-Jogja Award pada Selasa (30/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG-PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY kembali torehkan prestasi dengan meraih penghargaan Program Bisnis Terpuji kategori Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat pada ajang Detik Jateng-Jogja Award. Dalam acara penganugerahan yang digelar di Hotel Padma Semarang, Selasa (30/4/2024), PLN mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan BUMN yang berhasil mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui program-programnya di Jawa Tengah dan DIY.

Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova Ginting  menyampaikan penghargaan pada DetikJateng-Jogja Award diberikan bagi perseorangan atau pun badan usaha yang mendukung pertumbuhan Jawa Tengah dan DIY.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Tujuan utama memberikan apresiasi penghargaan ini untuk mengingatkan kepada kita bahwa pekerjaan yang kita lakukan membuahkan hasil positif dan memberikan inspirasi bagi yang  lain untuk melakukan pekerjaan yang sama minimal atau lebih baik. Penerima penghargaan adalah mereka yang memberikan dampak positif mendukung pertumbuhan Jawa Tengah dan DIY,”  jelas Alfito.

Menyikapi hal tersebut, General Manager PLN UID Jateng dan DIY Mochamad Soffin Hadi mengatakan penghargaan kali ini menjadi motivasi bagi PLN untuk terus meningkatkan pelayanan dan mengembangkan program kelistrikan yang secara khusus menyasar tumbuhnya ekonomi dalam masyarakat.

Soffin menambahkan hingga akhir Maret 2024, PLN UID Jawa Tengah dan DIY telah melayani 13.400.800 pelanggan, naik 3,55% year on year (YOY) dengan daya tersambung sebesar 19.901 MVA (Mega Volt Ampere) tumbuh sebesar 5,83% YOY. Laju pertumbuhan sejalan dengan pesatnya penjualan tenaga listrik sebesar 8.200.592,52 MWH yang naik 8,35% YOY.

“Kami berterima kasih atas penghargaan Program Bisnis Terpuji kategori Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat ini. Listrik bisa dikatakan menjadi energi yang merangsang pertumbuhan ekonomi. Dengan tercukupinya kebutuhan listrik, sektor usaha akan berkembang dan roda ekonomi akan berjalan. Untuk itu PLN selalu siap melayani kebutuhan kelistrikan masyarakat,” tutur Soffin.

Tak hanya sampai di situ, peran serta PLN mendorong ekonomi masyarakat juga terwujud melalui program Electrifying Agriculture (EA). Program ini merupakan terobosan dari PLN dalam memberikan kemudahan untuk bagi pelaku usaha di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan serta peternakan untuk mendapatkan listrik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional para petani. Dalam kurun waktu triwulan 1 tahun 2024 sebanyak 1.237 pelanggan telah memanfaatkan program ini.

Untuk mendorong laju ekonomi, PLN juga memiliki serangkaian Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dengan fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat. Beberapa program yang telah bergulir dan menuai dampak positif bagi perekonomian masyarakat diantaranya Ekowisata Sungai Mudal Kulonprogo, Sekolah Sungai Siluk Bantul, Batik Ciprat Wonogiri, dan Batik Brakitty Pekalongan.

Pada tahun 2023, PLN UID Jateng dan DIY telah menyalurkan bantuan TJSL sejumlah 225 program yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dari golongan menengah ke bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya