Tutup Iklan
Petugas PLN memangkas pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik./ (Bisnis.com)

Solopos.com, SURABAYA – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menargetkan bisa menurunkan tingkat gangguan listrik sebesar 50%. Salah satu upayany adalah dengan menerjunkan pasukan bebas Right of Way (ROW).

Generjal Manager PLN UID Jatim, Bob Saril, menjelaskan ROW merupakan jarak aman jaringan listrik dari pepohonan ataupun bangunan yakni sekitar 3 meter. Untuk itu, pada momen HUT ke-74 RI ini PLN menerjunkan 227 personel untuk memangkas pohon-pohon di ROW jaringan listrik di 114 Unit Layanan Pelanggan (ULP).

“Dalam kegiatan ini kami berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau serta masyarakat sekitar agar kegiatan pemangkasan pohon ini juga tidak merusak estetika keindahan kota,” katanya dalam rilis yang diterima Senin (19/8/2019).

Dia mengungkapkan selama ini 80% penyebab gangguan listrik yakni akibat masalah ROW. Agar tak terjadi gangguan, jaringan listrik tidak boleh dilingkupi pepohonan atau tumbuhan.

PLN Jatim menargetkan sampai September 2019 sebanyak 342 penyulang tegangan bisa bebas ROW atau masing-masing ULP ditarget bebas ROW sebanyak 3 saluran udara tegangan menengah (SUTM) 20 kV dengan kategori kronis, sakit, dan panjang.

“Kami berharap, upaya bebas ROW ini bisa meningkatkan keandalan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten