Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Dok.)

PLN Jateng-DIY memanfaatkan libur Lebaran 2017 untuk pemeliharaan jaringan rutin pabrik PT Sritex.

Solopos.com, SEMARANG — Libur Lebaran 2017 dimanfaatkan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bukan hanya bersiaga selama 24 jam selama libur Lebaran 2017. Di samping mengantisipasi gangguan teknik kelistrikan, PLN Jateng-DIY juga memanfaatkan masa libur Lebaran 2017 untuk pemeliharaan jaringan rutin pada pabrik.

"Para petugas melakukan pemeliharaan jaringan rutin pada sebuah pabrik, yaitu PT Sritex yang hanya diizinkan padam ketika Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Raya Idulfitri," kata Deputi Manajer PLN Distribusi Jateng dan DIY Hardian Sakti Laksana di Kota Semarang, Selasa (27/6/2017).

Ia mengatakan untuk siaga selama libur Lebaran 2017, PT PLN menerjunkan kurang lebih 90 personel. "Untuk pekerjaan yang dilaksanakan pada Selasa (27/6) dimulai dari pagi hingga matahari terbenam yang meliputi pemeliharaan penyulang dan keandalan jaringan di wilayah PT Sritex," katanya.

Sakti mengatakan hal tersebut merupakan bentuk dari komitmen PLN untuk dapat melayani masyarakat secara optimal. "Dalam hal ini PLN berharap masyarakat dapat turut berpartisipasi menjaga jaringan listrik di wilayah sekitarnya," katanya.

Sebelumnya, selama Ramadan 2017, PT PLN Jateng-DIY berupaya menjaga keandalan pasokan tenaga listrik yang meliputi pemeriksaan kondisi peralatan, di antaranya keandalan peralatan supervisory control data and acquisition (Scada) untuk pemeliharaan jaringan 20 kv.

Ia mengatakan sistem scada atau remot listrik jarak jauh saat ini telah terpasang di jaringan distribusi tenaga listrik sehingga penormalan pascagangguan bisa dilakukan lebih cepat dengan meminimalisasi pekerjaan manual. "Sebelum adanya keypoint, penormalan harus dilakukan secara manual ke lokasi gangguan, namun setelah adanya keypoint untuk penormalan bisa dilakukan di ruang kontrol," katanya.

Ia mengatakan sampai dengan akhir bulan April 2017 tercatat 2.243 unit keypoint yang tersebar di seluruh Jawa Tengah dan DIY. Selain memastikan keandalan alat pemeliharaan jaringan listrik, PT PLN juga berupaya memastikan sisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3), salah satu upayanya adalah melakukan simulasi penanggulangan kebakaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten