SOLOPOS.COM - Puncak peringatan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). (Istimewa/PLN)

Solopos.com, MAGELANG – PLN memastikan keandalan listrik pada rangkaian acara Peringatan Hari Raya Waisak 2023 di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, khususnya Borobudur sebagai tempat penyelenggaraan puncak acara peringatan.

Tak hanya itu, PLN juga turut mengamankan pasokan listrik di lokasi pendukung seperti penginapan, tempat pariwisata dan objek vital lainnya selama gelaran acara yang berlangsung dari 30 Mei – 4 Juni 2023 ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A.B. Wahyu Jatmiko menyatakan bahwa kelistrikan di wilayah Jawa Tengah dan DIY hingga saat ini dalam kondisi aman dengan daya mampu sebesar 7.234 Megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi di angka 4.708 MW.

“PLN siap mengawal keandalan listrik untuk mendukung event internasional Peringatan Hari Raya Waisak 2023 di seluruh wilayah Jawa Tengah DIY, khususnya di Borobudur. Ada 16 venue yang kami amankan. Termasuk nanti di fasilitas pendukung lainnya. Untuk itu, PLN telah mempersiapkan personil siaga dan menyiapkan peralatan-peralatan seperti genset, UPS, dan peralatan otomatis lainnya untuk mendukung event ini,” jelas Jatmiko.

Jatmiko menambahkan, PLN menerjunkan personil siaga dengan total sebanyak 1.088 personil yang terdiri dari 10 Personil Posko Pembangkitan, 8 Personil Pengatur Beban, 14 Personil Transmisi Gardu Induk, 46 Personil Distribusi PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), dan 1010 Personil Pelayanan Teknik. Petugas tersebut disiagakan untuk mengawal 16 lokasi venue dan beberapa lokasi pendukung.

Para personel dibekali dengan peralatan dan armada pendukung, berupa 20 unit genset, 10 unit UPS (Uninterruptible Power Supply), 25 UGB (Unit Gardu Bergerak), 28 trafo mobile, 21 crane, dan peralatan lainnya.

Selain itu, para personel siaga juga didukung dengan Kendaraan Teknis Unit sebanyak 136 unit roda empat, 125 unit roda dua, dan 14 unit mobil PDKB sentuh langsung. Eric Fernardo, Koordinator Humas Waisak Nasional 2567 B.E. Tahun 2023, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan PLN dalam mensukseskan seluruh rangkaian Waisak Nasional 2567 B.E. Tahun 2023 di Candi Borobudur dan sekitarnya.

“Kami menyampaikan apresiasi atas dukungan PLN, terlebih kebutuhan listrik di momen Waisak ini memang sedang tinggi-tingginya karena ratusan ribu umat Buddha sedunia ikut hadir bersamaan. Harapan kami sinergi WALUBI dengan berbagai lembaga dapat terus terjalin demi kebahagiaan semua makhluk,” ungkap Eric.

PLN juga turut mendukung dengan hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang berada di Area Parkir B Pos Pintu 3. SPKLU dan SPLU yang telah beroperasi sejak 4 Juni 2022 ini diharapkan dapat mempermudah akses pengisian daya bagi kendaraan berbasis listrik yang datang untuk ikut serta dalam rangkaian acara Waisak.

Petugas PLN berkoordinasi dengan para biksu pada perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Minggu (4/6/2023). (Istimewa/PLN)

Pengamanan keandalan kelistrikan juga dilakukan PLN pada perjalanan religi Thudong para biksu dari Thailand yang akan mengikuti prosesi keagamaan Waisak di Candi Borobudur. Pada ritual jalan kaki ini, PLN mengawal kelistrikan pada setiap rumah ibadah yang disinggahi biksu di sepanjang rute perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya