SOLOPOS.COM - Acara launching ListriQu Premium ini dilaksanakan pada Selasa (30/3/2021) bertempat di Gardu Induk Rayum, Sukoharjo. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO--Setelah sukses meresmikan aplikasi ListriQu pada Juni 2020 silam, kali ini PLN Group menghadirkan layanan ListriQu Premium di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara launching ListriQu Premium ini dilaksanakan pada Selasa (30/3/2021) bertempat di Gardu Induk Rayum, Sukoharjo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

adir pada kesempatan ini, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DIY, Irwansyah Putra, Direktur Utama Haleyora Power, Purnomo, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo, La Ode Lawati, Direktur Umum PT Sritex Group, Mayjen (Purn) Supartodi, dan Direktur Umum PT Rayon Utama Makmur (RUM), Mochamad Rachmad.

Baca Juga:Dukung Vaksinasi Bersama Di PRPP Semarang, PLN Jaga Keandalan Pasokan

“ListriQu merupakan aplikasi layanan perbaikan Instalasi Milik Pelanggan (IML) berbasis mobile yang berfungsi sebagai media penghubung antara pelanggan dengan teknisi berkompeten dan bersertifikat untuk melakukan perbaikan terkait keluhan instalasi rumah milik pelanggan,” terang Irwansyah.

Untuk Sektor Industri, PLN menawarkan layanan ListriQu Premium, yaitu platform pada aplikasi ListriQu yang ditawarkan untuk solusi layanan instalasi bisnis dan industri.

Beberapa layanan ListriQu Premium yang ditawarkan, antara lain yang pertama inspeksi, pemeliharaan, pengujian kubikel, trafo dan panel tegangan rendah. Kedua layanan perbaikan dan pemasangan atas kerusakan pada kubikel, trafo dan panel tegangan rendah. Ketiga layanan pemeriksaan Power Quality, dan yang keempat adalah pelayanan terkait instalasi listrik Pelanggan lainnya.

Baca Juga: Bulog Target Serap 600.000 Ton Saat Panen, Ini Penjelasan Budi Waseso

Dirancang oleh Anak Usaha PLN

Tercatat, sebanyak 51,7 % dari keluhan gangguan yang masuk melalui Contact Center PLN 123 pada tahun 2020 di wilayah PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & DIY merupakan laporan kerusakan instalasi milik pelanggan yang bukan merupakan kewenangan atau tanggungjawab PLN.

Jumlah total laporan tersebut mencapai rata-rata sekitar 221.000 laporan pelanggan per bulan.

“Hal ini yang menjadi dasar dukungan PLN terhadap implementasi program ListriQu yang dirancang oleh anak usaha PLN yaitu Haleyora Power,” imbuhnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Pertamina Foundation Luncurkan Beasiswa Reguler, Afirmasi, Dan Vokasi 2021

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU ListriQu Premium dengan PT Sritex dan PT Rayon Utama Makmur sebagai pelanggan perdana.

“Sebagai salah satu pelanggan industri besar, sudah menjadi kewajiban kami untuk dapat melayani kebutuhan PT Sritex Group dan PT RUM baik dari Hulu hingga ke Hilir tentang kelistrikan. Dan ListriQu dapat menjadi sebuah solusi bagi kebutuhan tentang instalasi kelistrikan industri,” ujar Irwansyah.

Baca Juga: Sektor Properti Banjir Stimulus, Tapi Kenapa Banyak Orang Belum Tahu?

Sementara itu Direktur Umum PT RUM menyampaikan apresiasinya kepada PLN Group untuk layanan ListriQu Premium.

“Layanan ListriQu Premium ini akan sangat membantu khususnya di lingkungan pelanggan yang bergerak di bidang industri, mudah mudahan kedepan akan berjalan dengan lancar”, ungkap Rachmad.

Diharapkan industri lain di Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta dan sekitarnya juga mengikuti langkah menjadi pelanggan ListriQu Premium, sehingga akan turut membantu lebih memaksimalkan lagi pelayanan dan engagement PLN Group kepada pelanggan dan meningkatkan sektor perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya