SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PT.PLN(Persero) terus mendorong pelanggan agar beralih menggunakan program listrik pintar.Listrik pintar menjadi solusi untuk efisiensi penggunaan listrik pelanggan.Pelanggan dapat mengatur penggunaan listrik sesuai kebutuhan.Pelanggan baru diarahkan untuk menggunakan listrik pintar.

Dian Putri T, Humas PT PLN Area Jogjakarta ,saat berbincang di Radio Star Jogja mengatakan program listrik pintar ini sebenarnya re-branding program listrik prabayar yang diluncurkan sejak 2009. Progam ini mengajak pelanggan untuk memakai sistem pembayaran listrik di awal (pra bayar).Dengan cara ini, pelanggan dapat mengatur dan mengkontrol pemakaian listrik sesuai kebutuhannya sendiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, maka pada sistem listrik pintar, pelanggan juga terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token listrik isi ulang) yang terdiri dari 20 digit nomor yang bisa diperoleh melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.

Jika energi listrik yang tersimpan di Meteran sudah hampir habis, maka alat tersebut akan memberikan sinyal awal agar pelanggan segera dilakukan pengisian ulang.Dengan demikian, pelanggan secara real time, setiap saat, kapan saja dapat mengetahui secara persis penggunaan listrik di rumah.

Bagi PLN ,dengan semua telah memakai listrik pintar ini, maka akan mengurangi terjadinya tunggakan dari para pelanggan. Selain pemasukan atau pembayaran listrik setiap bulannya bisa dimuka atau lebih cepat. PLN juga tidak membutuhkan petugas pencatat meter lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya