SOLOPOS.COM - Pengguna EV tengah melakukan charging dengan dipandu oleh Manager PLN ULP Sragen, Ardi, di Rest Area 519 A Sragen, Minggu (7/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Hari Raya Idulfitri atau akrab di telinga dengan sebutan Lebaran merupakan hari yang sangat dinanti. Hal ini dikarenakan dalam momentum Lebaran ini, libur panjang dapat dinikmati semua kalangan.

Libur panjang biasa dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman, atau sering disebut mudik. Mudik telah menjadi momentum sakral dan tradisi unik tidak hanya di Indonesia namun juga di negara besar lain seperti Mesir, Malaysia, hingga Turki dan India.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Tradisi mudik kali ini juga dialami dan dirasakan oleh Leo, seorang pemudik dari Jakarta yang ingin pulang kampung ke Kota Solo. Ia merasakan kenyamanan mudik kali ini menggunakan mobil listrik karena banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan di seluruh rest area tol.

Malam itu, Selasa (9/4/204) ia dan keluarga melakukan charging di Rest Area 429 A Ungaran. Ia pun merasa bahagia karena sambil singgah untuk charging, PLN menyediakan posko mudik Lebaran. Di posko tersebut ia dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Solo.

“Posko ini oke ya, kami bisa istirahat sebentar sembari menunggu mobil dicharge. Makanan dan minuman yang disediakan pun gratis, Terima kasih PLN,” ungkapnya yang dikutip Rabu (17/4/2024).

Kenyamanan selama mudik dengan kendaraan listrik tersebut juga dialami Miqdam. Pemudik yang berangkat dari Yogyakarta menuju kampung halamannya di Brebes ini, singgah untuk charging di SPKLU kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Senin (8/4/2024).

“Alhamdulillah di sini suasananya bagus, lingkungannya bagus dan fasilitasnya top. Ini baru pertama kalinya saya mendapat fasilitas seperti ini di seluruh PLN. Terima kasih, sukses terus untuk PLN,” tuturnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi, mengatakan PLN berusaha untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada pelanggan di momentum mudik Lebaran tahun ini.

“Kami sediakan 110 unit SPKLU di seluruh rest area dan lokasi-lokasi kantor PLN di 33 Kota Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Kami sadar bahwa Jateng DIY merupakan tujuan mudik yang sangat ramai. Sebagai titik tengah Pulau Jawa kami memitigasi akan banyak pelanggan yang kehabisan daya di sini, sehingga kami perkuat ekosistem kendaraan listrik di sini untuk kenyamanan pemudik kendaraan listrik,” ucap Soffin.

Lebih lanjut Soffin menambahkan pihaknya juga menyiagakan dua unit SPKLU Mobile di ruas tol untuk membantu mobil listrik yang kehabisan daya sebelum mencapai rest area. SPKLU Mobile ini dapat mendatangi pelanggan terintegrasi dengan hotline tol trans jawa.

“Selain SPKLU dan SPKLU Mobile, kami juga menyiapkan 465 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum [SPLU] di 92 lokasi tersebar. Serta tentunya 29 titik Posko Mudik Lebaran PLN, pelanggan bisa beristirahat makan snack dan minum kami sediakan gratis,” jelas Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya