Kategori: Jateng

PLN Bantu Sambungan Listrik Gratis Konsumen Kurang Mampu Jateng


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG — PLN memberikan bantuan penyambungan listrik secara gratis kepada 173 masyarakat kurang mampu di Jawa Tengah. Ke-173 warga yang mendapatkan sambungan listrik gratis ini tersebar di berbagai daerah di Jateng.

Konsumen yang beruntung mendapatkan sambungan listrik gratis dari PLN itu terdiri atas35 orang di Kota Semarang, 50 orang di Kabupaten Kendal dan 78 orang di Solo. Selain itu masih ada pula 10 rumah ibadah di Solo.

“Penyambungan listrik gratis ini adalah bagian dari program Ramadhan Berbagi yang merupakan bentuk kepedulian pegawai PLN kepada masyarakat yang belum teraliri listrik. Ini juga bentuk komitmen kami dalam menerangi negeri,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, M. Irwansyah Putra, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Merapi 3 Kali Luncurkan Awan Panas, Gugurannya 1.700 M

Irwansyah mengatakan hingga April 2021, total donasi yang dikumpulkan dari pegawai PLN mencapai Rp79,8 juta. Dana itu digunakan untuk biaya penyambungan, token perdana, Sertifikat Laik Operasi (SLO), dan instalasi. Sementara, untuk pemakaian listrik tetap dibayar oleh pelanggan sesuai dengan pemakaiannya.

Selain program Ramadhan Berbagi, PLN juga melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 134 orang. Ke-134 orang itu terdiri dari 6 orang di Kabupaten Tegal, 27 orang di Kabupaten Brebes, 10 orang di Jepara, dan 91 orang di Temanggung. Mereka akan mendapat sambungan listrik gratis pada akhir Mei dan awal Juni 2021.

Tingkatkan Taraf Hidup

"Penyalaan sambungan listrik ini diharapkan akan bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu juga menjadi berkah bagi mereka yang membutuhkan," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang turut hadir dalam penyambungan listrik gratis kepada masyarakat tidak mampu di Semarang menyampaikaan apresiasi kepada PLN.

"Terima kasih PLN sudah membantu, mereka bisa nyala [listriknya]. Sedikit ironis di tengah kota masih ada yang menyalur [listrik ke tetangga]. Jadi, bantuan dari PLN ini penting. Mudah mudahan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan bisa lebih produktif", ujarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono