SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—PT PLN APJ Surakarta memasang 100 trafo baru di Solo dalam tiga bulan terakhir. Selain untuk mengganti kerusakan trafo akibat perubahan cuaca, pemasangan juga dilakukan untuk memenuhi lonjakan pelanggan baru PLN.

Pejabat Humas PLN APJ Surakarta, Suharmanto mengatakan, penggantian perlu dilakukan karena sejumlah trafo rusak akibat terpapar panas berkepanjangan, dan saat ini terus diguyur hujan. Kerusakan trafo sempat terjadi setidaknya sepekan terakhir, sehingga mengakibatkan listrik mati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan penambahan dilakukan untuk kawasan yang jumlah pelanggannya bertambah pesat. Trafo yang biasanya menyuplai listrik 25 KVA, ditambah trafo lain berdaya 50 KVA. “Pada Lebaran lalu, sudah kami tambah 80 unit trafo, bulan lalu 10 trafo, dan nanti kita tambah lagi 10 trafo. Jadi total ada 100 trafo. Itu untuk mengganti yang rusak atau mengimbangi kebutuhan listrik pelanggan baru,” ujar Suharmanto, saat dijumpai wartawan, selepas mengikuti upacara peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-66 di kantor setempat, Kamis (27/10).

Soal kerusakan trafo, dia mengakui permasalahan tersebut sempat menimbulkan masalah. Sejumlah daerah sempat mengalami pemadaman lebih dari sejam. Beruntung, pasokan listrik saat ini telah terintegrasi dalam jaringan listrik Jawa-Bali. Sehingga, jika ada kekurangan daya akibat rusaknya trafo, semua kawasan tetap dipastikan mendapat pasokan listrik. Meskipun untuk itu, PLN harus mengurangi tegangan.

Mengenai lonjakan pelanggan, dia menyebut jumlah pelanggan bertambah cepat menyusul digulirkannya program listrik prabayar. Hingga saat ini, pelanggan listrik prabayar mencapai 48.056 pelanggan. Akibatnya pemakaian listrik tercatat 560-570 MVA pada malam hari, dan 548-549 MVA di siang hari. Sementara itu, di peringatan HLN kemarin, PLN melakukan penggantian 1.497 meter listrik yang tua.(JIBI/SOLOPOS/tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya