SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Hasil perolehan suara Pemilihan Presiden pasangan calon presiden 01, Joko Widodo—Ma’ruf Amin meraih 82,23 persen. Sementara itu, pasangan calon presiden 02, Prabowo Subianto—Sandiaga Uno memperoleh 17,77 persen suara.

Hasil itu diketahui dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Solo, Minggu (5/5/2019). Rapat pleno itu sendiri lebih cepat sehari dari target yang ditentukan, Senin (6/5/2019). Hasil rapat pleno yang digelar di Hotel Sunan itu akan diteruskan ke KPU Jateng dengan pengawalan langsung Kapolresta dan Dandim Solo, Senin.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti, mengatakan selama rapat pleno terbuka seluruh proses berjalan dengan lancar yang disaksikan oleh saksi yang berasal dari saksi pasangan calon presiden, DPD, dan partai politik.

Ia menambahkan saksi dari Partai Garuda dan PKPI tidak hadir dalam rapat pleno itu. “Produk hukum dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara yakni DB 1 secara keseluruhan di tingkat Kota Solo. Selain itu, surat penetapan perolehan suara tingkat kota yang akan diberikan kepada peserta pemilu melalui saksi,” ujar Nurul kepada wartawan, Minggu.

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih Pemilu 2019 meningkat dibandingkan tahun lalu, yakni sebanyak 85 persen yang sebelumnya hanya 81 persen. Hal itu merupakan hasil kerja sama seluruh pihak dalam penyelenggaran pemilu.

Salah satu saksi pasangan calon presiden 01, Mardi Harjanto, mengatakan selama pelaksanaan rapat pleno seluruhnya berlangsung tertib dan damai. Tidak ada persoalan yang berarti dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka itu.

Sementara itu, saksi pasangan calon presiden 02, Hamid Masud, mengatakan telah mengawal suara dari tingkat kecamatan hingga kota. Menurut dia, tidak ada persoalan yang memberatkan terkait angka yang diperoleh.

Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, mengatakan Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo bersama Dandim 0735 Letkol (Inf) Ali Akhwan mengawal langsung hasil rapat pleno terbuka ke Kota Semarang. Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab kepala satuan wilayah. Menurut dia, sekitar 10 personel dari Dalmas dan Brimob Polresta Solo akan membantu jalannya pengamanan. Sementara itu, selama rapat pleno terbuka sebanyak 147 personel gabungan menjaga Hotel Sunan dengan pembagian tiga ring.

Dandim 0735 Letkol (Inf) Ali Akhwan, mengatakan pengiriman menuju KPU provinsi dilakukan oleh Kapolresta dan Dandim Solo. Ia memprediksi sebanyak satu satuan setingkat peleton atau sekitar 30 personel TNI akan membantu pengamanan. Namun, jumlah itu menyesuaikan hasil koordinasi dengan polisi. Ia menyatakan pasukannya akan selalu melakukan penjagaan hingga 22 Mei 2019 bahkan hingga pelantikan Presiden nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya