SOLOPOS.COM - Striker Mexico, Oribe Peralta, merayakan golnya ke gawang Selandia Baru dalam laga leg kedua Playoff Piala Dunia 2014 AntarBenua di Westpac Stadium, Wellington, Rabu (20/11/2013) siang WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Anthony Phelps

Solopos.com, WELLINGTON – Meksiko memastikan langkahnya ke putaran final Piala Dunia 2014 Brazil, setelah menundukkan Selandia Baru, 4-2 di Westpac Stadium, Wellington, Rabu (20/11/2013) siang WIB. Striker Meksiko, Oribe Peralta, mengukir hattrick yang diciptakan di babak pertama, untuk membawa keunggulan Meksiko itu.

Keunggulan ini laju Meksiko ke Brazil 2014 tak tergoyahkan. Meksiko memastikan tempatnya dengan keunggulan agregat 9-3 atas Selandia Baru, setelah di leg pertama playoff Piala Dunia 2014, akhir pekan lalu di Aztec, menang 5-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Reuters, Peralta membawa Meksiko unggul saat bola chip-nya mengecoh kiper Selandia Baru, Glen Moss, di menit ke-14. Selang 15, Peralta menggandakan keunggulan Meksiko, setelah memanfaatkan umpan cantik, Carlos Pena.

Pada menit ke-33, striker klub Santos Laguna itu akhirnya mengukuhkan hattrick-nya. Gol ketiga Peralta ini pun mengakhiri keunggulan Meksiko di babak pertama.

Di babak kedua, Selandia Baru mampu memperkecil ketertinggalannya lewat penalti Chris James di menit ke-80. Rory Fallon, kemudian mencetak kedua Selandia Baru, tiga menit berselang.

Sebelum akhir pertandingan, tepatnya di menit ke-87, Meksiko justru mampu kembali memperlebar jaraknya. Kali giliran Carlos Pena, yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat keunggulan El Tri, julukan Meksiko, menjadi 4-2.

Kemenangan ini memuluskan langkah Meksiko ke Piala Dunia untuk ke-15 kalinya. Piala Dunia Brazil 2014 juga akan menjadi keikutsertaan Meksiko keenam kalinya secara beruntun sejak mendapat sanksi FIFA pada 1990 lalu. Saat itu, Meksiko mendapat sanksi karena memalsukan usia para pemain dalam ajang turnamen usia muda.

Meksiko nyaris kehilangan kansnya melaju ke putaran final Piala Dunia saat dibekuk Kosta Rika, Oktober lalu. Namun, El Tri mampu menghidupkan asanya setelah Panama, yang menjadi pesaingnya takluk dari 3-2 dari Amerika Serikat, yang bersama Kosta Rika dan Honduras, lolos secara otomatis dari Zona CONCACAF.

Sementara bagi Selandia Baru, kegagalan ini membuat pelatih Ricki Herbert mengundurkan diri. Herbert melatih Selandia Baru sejak delapan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya