Logo Liga Champions (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Solopos.com, LILLE — Lille tidak ingin buang-buang kesempatan ketika berlaga di ajang Liga Champions. Ini kali ketiga skuat dari Liga Prancis (Ligue 1) itu tampil fase kualifikasi perhelatan sepak bola di Benua Biru sebagai langkah untuk mengukir paripurnanya sebuah prestasi dengan mengoleksi kemenangan demi kemenangan. Lille bakal menggenjot semangat habis-habisan karena mendapat dukungan dari penonton tuan rumah.

Skuat asuhan pelatih Rene Girard itu akan berlaga dalam leg pertama babak play-off Liga Champions menghadapi FC Porto yang digelar di Stadium Nord Lille Métropole, Villeneuve d'Ascq, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Lille membuka tirai kesempatan melenggang ke kompetisi di Eropa itu dengan lebih dulu meraih kemenangan di ajang domestik. Lille pernah dua musim beruntun masuk ke atmosfer Liga Champions pada musim 2011/12 dan 2012/13, sebelum akhirnya kandas.

Sebelum menantang Porto, Lille belum menuai kekalahan di Ligue 1, mesti meraih hasil imbang 0-0 ketika menghadapi FC Metz di pekan pertama dan menggondol kemenangan 1-0 atas SM Caen di pekan kedua. Lille juga hanya mengalami satu kekalahan dari 12 laga kandang yang digelar di seluruh kompetisi.

Sementara itu, Porto belakangan ini diterpa kisruh keuangan. Ujung-ujungnya mereka harus menjual sejumlah pemain berbakat ke klub lain. Selain itu, kubu Porto berjuang agar tidak terlempar dari halaman depan kancah sepak bola Portugal. Benfica menjadi pesaing berat mereka, dan sekarang ini skuat asuhan pelaltih Julen Lopetegui itu melenggang masuk ke gerbang babak kualifikasi Liga Champions.

De facto, ini kali pertama Porto mampu lolos ke babak kualifikasi sejak musim 2001/2002. Tantangan yang dihadapi dan digeluti Porto salah satunya membentuk tim yang kokoh baik di lini pertahanan maupun di lini depan. Musim lalu, Porto terdepak di babak penyisihan grup. Mereka langsung melakukan bangkit dan melakukan konsolidasi.

Komentar dua pelatih:


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten