SOLOPOS.COM - Michel Platini.dok

Michel Platini.dok

Michel Platini.dok

Solopos.com, LONDON – Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa UEFA, Michel Platini, mendukung wacana yang dilontarkan Presiden Asosiasi Sepak Bola Dunia FIFA, Sepp Blatter mengenai penambahan jatah tim dari Asia dan Afrika di Piala Dunia.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Platini mengusulkan jumlah peserta ditambah menjadi 40 tim dimulai pada Piala Dunia 2018. Saat ini jumlah kontestan Piala Dunia sebanyak 32 tim di mana Eropa mendapatkan jatah terbanyak dengan 13 tim. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dari jatah tim dari Afrika dan Asia.

Ekspedisi Mudik 2024

Afrika hanya mendapatkan jatah lima tim sedangkan Asia hanya 4,5 tim atau artinya empat tim plus tambahan satu tim jika memenangi playoff lawan wakil Amerika Selatan.

Pekan lalu Blatter menyebut Afrika dan Asia pantas mendapatkan tambahan jatah tim untuk tampil di Piala Dunia karena dua benua ini memiliki jumlah anggota asosiasi sepak bola yang lebih banyak dari Eropa dan Amerika Selatan.

Platini menyetujui wacana penambahan jatah untuk Afrika dan Asia. Dia mengalkulasi tambahan delapan tim di putran final Piala Dunia hanya membutuhkan tambahan tiga hari pertandingan dalam turnamen.

“Itu bagus untuk semua orang. Saya sangat setuju dengan Blatter bahwa kami membutuhkan lebih banyak tim Afrika dan Asia. Namun tidak dengan mengurangi jatah Eropa, kami bisa memiliki 40 tim [di Piala Dunia],” ujar Platini dilansir Reuters, Senin (28/10/2013).

“Kami bisa menambahkan dua tim Afrika, dua tim Asia, dua tim Amerika dan satu tim Oseania dan satu dari Eropa,” imbuh Platini yang santer dikabarkan menjadi calon terkuat suksesor Blatter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya