SOLOPOS.COM - Dekorasi Villa A Azana Essence Selo Boyolali. (Istimewa/Instagram @azanaessenceseloboyolali).

Solopos.com, SOLO — Merambah pasar digital menjadi langkah penting dalam perjalanan berdirinya Azana Grup, perusahaan manajemen hotel yang sudah berdiri sejak 2007.

Pada 2022, berkat merambah pasar digital, sebagian besar target pasar Azana Grup secara keseluruhan berasal dari agen travel online /virtual, antara lain Azanahotel.id, Traveloka, Agoda, Tiket.com, Booking.com, Expedia, Pegipegi, Mister Aladin, dan GTA.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Sementara itu, pemasaran lewat agen travel luring hanya sebesar 15% antara lain MG Holiday, Kliknbook, Bayu Buana, dan Kaha Tours & Travel.

Mengutip Azana Company Profile yang diterima Solopos.com, Kamis (2/2/2023), tahapan organisasi perusahaan ini mulai dari ekspansi digital dengan membuka platform digital untuk menangani proses bisnis mereka.

Pascamembuka platform digital Azana Grup berhasil memberikan kepuasan yang terbaik untuk pelanggan, pegawai, dan mitra mereka.

Beberapa strategi pasar digital mereka antara lain branding lewat google dan media sosial, membangun aktivitas SEO (search engine optimization) atau mengoptimalkan posisi di mesin pencari internet, optimalisasi promosi lewat influencer, mengembangkan konten ramah pengguna internet, serta kolaborasi-kolaborasi lainnya.

Usaha sektor hospitality tidak bisa lepas dari kata kreatif, dan hal tersebut diterapkan Azana Grup dengan membuat layanan dan desain kreatif tentunya original.

Profesional juga sudah menjadi moto mereka sehari-hari, agar bisa bersinergi dengan tim internal dan membangun relasi yang baik dengan semua mitra eksternal Azana Grup.

Semangat kewirausahaan juga ditumbuhkan untuk menciptakan budaya mandiri dan pengembangan pola kreatif antar karyawan.

Hal tersebut dibangun Azana Grup untuk menciptakan layanan hospitality yang baik, dan tampaknya langkah-langkah tersebut sudah membuahkan hasil.

Pemilik sekaligus pendiri Azana Grup, Dicky Sumarsono, pada Kamis (2/2/2023) lalu mengatakan bulan Desember 2022 okupansi Azana Hotels di Solo mencapai 77-82%, sementara rata-rata okupansi Azana Hotels di Indonesia mencapai 85-95%.

Berdiri sejak tahun 2007, Azana Grup memiliki beberapa target untuk tahun 2023 dan 2024.

Target untuk tahun 2023 antara lain menambah jumlah unit hotel menjadi 120 hotel, mendirikan Azana tower & offices, ekspansi ke luar negeri yaitu Malaysia, Filipina, dan Timor Leste, meraih posisi 5 besar operator hotel lokal terbaik di Indonesia, meluncurkan bisnis F&B (food and beverage), mengoptimalkan pemesanan secara daring mencapai 40% lewat aplikasi, pemesanan via telepon, dan juga lewat situs AzanaHoteLid.

Program-program yang dikembangkan untuk mengejar target di tahun 2023 ini sebagian besar disebut Dicky antara lain secara sistem dengan monitoring KPI (key performance indicator) atau indikator performa utama, mengulas manajemen mereka, mengulas tujuan kinerja Azana Grup, program loyalty, dan pengembangan karir.

Sementara itu pada 2024 target yang ingin dicapai adalah menambah jumlah hotel yang dikelola sampai 140 hotel, kemudian beroperasi di 3 negara dan 100 kota di seluruh dunia, mengembangkan super app, mengelola lebih dari 60.000 kamar secara global, dan membuka kantor baru di Jakarta, Bali, Semarang, Jayapura, dan Surabaya.

Mereka juga menarget payment gateway milik mereka sendiri, dan mulai IPO (initial public offering) atau penawaran umum perdana yang artinya menjual sebagian saham mereka ke masyarakat.

Secara umum, Azana Grup menyasar hampir semua lapisan target pasar. Pasar kelas atas berhasil dikuasai oleh Azana Grup sebesar 4% dengan Azana Resort dan Front One Premier, kemudian 7% untuk kelas menengah ke atas yaitu lewat The Azana Hotel, Azana Style Hotel, dan Front One Resort, kelas budget atau ekonomis sebesar 31% lewat Front One Hotel dan Front One Boutique.

Sisanya adalah kelas smart atau target pasar melek teknologi yang mencari manajemen hotel efisien dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) sebesar 42% yaitu lewat Votel Hotel, Front One Inn, Front One Budget, dan Front One Cabin Hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya