SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diperkirakan bisa menambah empat kursi di DPRD Sukoharjo dari semula satu kursi pada Pemilu 2014 menjadi lima kursi pada Pemilu 2019.

Satu kursi yang diraih PKS pada 2014 diduduki Moch. Samrodin. “Alhamdulillah, jumlah kursi di parlemen yang diraih PKS diperkirakan lima kursi. Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota dan kader PKS di 12 kecamatan se-Sukoharjo,” kata Ketua DPD PKS Sukoharjo, Ari Sarwanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (20/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ari mendasarkan perkiraan itu pada penghitungan suara internal partai berdasarkan salinan formulir C1 pemilih. Ari menyampaikan masing-masing dapil di Sukoharjo menyumbang satu kursi.

Melejitnya perolehan kursi di parlemen lantaran setiap calon legislatif (caleg) bergerak ke setiap perdesaan. Mereka berinteraksi dan memperkuat jaringan konstituen.

Kendati demikian, Ari tetap menunggu hasil rapat pleno perolehan suara kursi dan partai politik (parpol) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo.

“Kami sudah merampungkan proses penghitungan suara berdasarkan salinan formulir C1 untuk setiap parpol. Kalau suara untuk setiap caleg belum rampung. Data ini hanya digunakan internal partai lantaran kami menghormati mekanisme pemilu di KPU Sukoharjo,” ujar dia.

Sedangkan Partai Golkar diperkirakan menyegel masing-masing satu kursi di lima dapil Kabupaten Jamu. Perolehan kursi ini tak berbeda jauh dibanding Pemilu 2014.

Kala itu, partai berlambang pohon beringin ini mengisi lima kursi di DPRD Sukoharjo. Kelima anggota DPRD Sukoharjo periode 2014-2019 yakni Giyarto, Agus Sumantri, Mulyadi, Jaka Wuryanta dan Sardjono.

“Masih lima kursi di setiap dapil. Untuk menambah satu kursi-dua kursi cukup berat lantaran dominasi PDIP di setiap dapil,” kata Ketua DPD Golkar Sukoharjo, Giyarto.

Wakil Ketua DPRD Sukoharjo itu meyampaikan berdasarkan penghitungan suara di internal partai, ia meraih lebih dari 9.000 suara pada Pemilu 2019. Kendati jumlah suara cukup tinggi namun tak menambah perolehan kursi di parlemen.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Wawan Pribadi, menyatakan masih merampungkan proses penghitungan suara berdasarkan salinan formulir C1 yang dilakukan anggota kamar hitung. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan jumlah suara dan kursi yang diraih PDIP pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya